AirAsia Indonesia Promosikan Wonderful Indonesia via Livery Bercorak Indonesia

INDOPOS.CO.ID – Semakin hari dukungan bagi pariwisata Indonesia kian massif. Berbagai pihak dengan caranya sendiri, turut andil dalam meningkatkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia. Salah satunya AirAsia, maskapai berbiaya rendah terbaik di dunia versi Skytrax.

Dukungan AirAsia terhadap Wonderful Indoensia tidak hanya terbatas pada layanan penerbangan dari berbagai originasi ke daerah-daerah di Indonesia. Maskapai yang baru saja memenangkan the best ASEAN marketing campaign at the Asean Tourism Association (ASEANTA) Awards for itu juga turut mempromosikan Wonderful Indonesia di badan pesawat.

Bertempat di Hanggar GMF AeroAsia, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Rabu (13/9), AirAsia Indonesia meluncurkan satu unit pesawat Airbus A320-200 dengan corak pada badan pesawat (livery) bernuansa khas Indonesia.

Livery “Indonesia” pada pesawat berkode registrasi PK-AXV itu dihiasi ilustrasi wayang kulit, Gunung Bromo serta Candi Borobudur yang merepresentasikan keindahan budaya, sejarah dan potensi wisata yang dimiliki Indonesia. Tiga ilustrasi itu juga mewakili 10 destinasi prioritas pariwisata Indonesia.

Baca Juga :

“Indonesia memiliki kekayaan budaya dan potensi wisata yang luar biasa dan livery istimewa ini adalah persembahan kami, satu maskapai berbiaya hemat berbendera Indonesia, sebagai bentuk apresiasi terhadap kekayaan budaya dan pariwisata negeri ini,” ujar CEO Grup AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan.

Dendy mengatakan, ini menjadi pesawat kedua dari Grup AirAsia di Indonesia yang menampilkan logo Wonderful Indonesia. Sebelumnya AirAsia X Indonesia juga meluncurkan logo tersebut di armada Airbus A330-300 berkode PK-XRC pada Mei tahun lalu.

“Indonesia memiliki kekayaan budaya dan potensi wisata yang luar biasa dan livery istimewa ini adalah persembahan kami, terhadap kampanye pariwisata pemerintah Indonesia," ujarnya.

Pesawat ini nantinya akan ditempatkan secara berotasi di keempat hub AirAsia Indonesia. Yaitu Jakarta, Medan, Surabaya dan Bali. Serta akan diterbangkan ke delapan destinasi internasional AirAsia Indonesia dalam rotasi 22 rute penerbangan internasional.

Staf Khusus Menteri Bidang Infrastruktur Pariwisata, Kementerian Pariwisata, Judi Rifajantoro, yang turut hadir dalam peluncuran pesawat dengan livery bernuansa pariwisata Indonesia mengatakan, kerja sama Co-branding ini akan memberikan dampak yang positif dari masing-masing pihak.

Kerja sama ini akan memberikan impact promosi yang luar biasa karena keduanya memiliki brand value yang tinggi. AirAsia sebagai the best LCC di tingkat regional bahkan dunia. Sementara Wonderful Indonesia sebagai brand pariwisata Indonesia sudah mengalahkan Trully Asia Malaysia maupung Amazing Thailand.

“Wonderful Indonesia sudah hadir dimana-mana dan sudah semakin dikenal oleh masyarakat dunia. Sehingga akan saling menguatkan keduanya,” ujar Judi.

Kementerian Pariwisata, ujar Judi, berharap ke depannya inisiatif dari AirAsia mem-branding livery pesawatnya dengan Wonderful Indonesia juga akan diikuti oleh maskapai penerbangan lokal lainnya. "Sehingga akan membuat industri pariwisata Indonesia semakin semarak,” ujar Judi.

Judi menyebut Air Asia secara group merupakan kontributor terbesar airlines yang mendatangkan wisman ke Indonesia. Pada tahun 2016 jumlahnya mencapai 26 persen.

“Kelihatannya akan terus bertahan karena secara konsisten terus membuka rute-rute baru ke pasar utama wisman Indonesia, seperti rute Narita-Denpasar dan Mumbai-Denpasar yang telah dibuka beberapa bulan yang lalu, serta sebentar lagi akan membuka rute Kolkata-Denpasar,” ujar Judi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Ai Asia Indonesia.

Pria asal Banyuwangi itu menyebut, AirAsia Indonesia sudah punya brand yang kuat sebagai Low Cost Carier terbaik. Saat ini, AirAsia memiliki 221 rute penerbangan, mengunjungi lebih dari 165 destinasi di 25 negara. Saat disatukan dengan brand Wonderful Indonesia yang sudah mengalahkan Truly Asia dan Amazing Thailand, pasti akan menghasilkan efek marketing yang kuat.

"Kita berharap brand Wonderful Indonesia yang akan dibawa melanglang buana oleh pesawat AirAsia dengan livery khusus ini akan memberikan dampak positif bagi Pariwisata di Indonesia," kata Menpar Arief Yahya. (lis)

Komentar telah ditutup.