Selasa, 13 November 2018 10:01 WIB
pmk

Liga Italia

Juventus vs Fiorentina, Laga Selaksa Makna di Reuni Brunelleschi

Redaktur:

Federico Bernardeschi

INDOPOS.CO.ID - Tiga bulan lalu Federico Bernardeschi pergi dari Artemio Franchi dengan cacian dari fansnya. Banner besar yang menghinanya bak pria bungkuk juga dibentangkan fans Fiorentina. Fans Fiorentina bahkan ingin meludahi wajahnya begitu dia pergi ke Juventus begitu sepakat di angka tawaran EUR 40 juta (Rp 636,6 miliar).

Nah setelah lebih dari tiga bulan berlalu, Brunelleschi – begitu dia biasa dijuluki fansnya di Fiorentina – bersua untuk kali pertama dengan klub yang menemukan talentanya itu di pekan kelima Serie A di Allianz Stadium, Turin, dini hari nanti WIB. Dapatkah dia menunjukkan pada mantan klubnya bahwa pilihannya tidak salah?  ''Makin yakin menatap ke depan,'' ucap Bernardeschi dalam salah satu keterangannya di bawah foto dalam akun Instagram-nya @fbernardeschi. Masalahnya, pemain yang membuka jalannya di Fiorentina dari kelompok usia Pulcini pada 2003 itu kondisinya tak seperti ketika di La Viola, julukan Fiorentina.

Bernardeschi belum mampu menembus starting line up. Dari empat kali dia dipercaya di dalam balutan jersey hitam putih Juventus, keempatnya dia hanya jadi pengganti yang tak lebih dari 30 menit. Dua kali di Serie A, masing-masing sekali di Supercopa Italia plus sekali lainnya saat Juventus dihajar Barcelona di Camp Nou, 13 September lalu.

Sebagai winger kanan, dia masih kalah bersaing dengan Juan Cuadrado ataupun Douglas Costa. Situasi yang tidak terjadi di dua musim terakhirnya berbaju ungu Fiorentina. Musim lalu bahkan 80 persen dia mampu menjadi pilihan utama Paolo Sousa – pelatih Fiorentina saat itu – di berbagai ajang.

Dalam konferensi persnya Massimilano Allegri sebagai allenatore Juventus belum dapat memberikan garansi menit pertama bakal dia berikan bagi pemain yang sempat dilabeli sebagai The New Roberto Baggio itu. Allegri hanya menjawabnya diplomatis. ''Masih ada tempat untuk Bernardeschi juga,'' ungkap Allegri, dikutip Tutto Juve.

''Masih ada 57 pertandingan yang bakal kami jalani semusim ini, dia (Bernardeschi) bisa lebih berkembang. Ketika Anda bermain di klub besar Anda tentunya mempunyai target pribadi yang harus dicapai, begitu pula Bernardeschi,'' tambah Allegri. Ya janji Allegri ada benarnya. Di saat seperti ini, Allegri butuh lebih dari 11 pemain starter regulernya.

Dalam kurun waktu tujuh hari ke depan, Si Nyonya Tua – julukan Juventus – melakoni 3 laga. Pasca melawan Fiorentina, akhir pekan ini (24/9) Derby della Mole edisi ke-196 datang di hadapan Juventus, lalu diakhiri menjamu Olympiakos tengah pekan nanti (28/9). Jadi, di situlah ada kans Bernardeschi mendapat durian runtuh saat Allegri merotasi skuadnya.

Terlebih dengan Cuadrado yang hanya sekali diistirahatkan di lima laga domestik musim ini. Corriere dello Sport menyebut minutes play pertama sebagai starter bagi Bernardeschi akan datang di laga reuni ini. ''Itu (starter) tidak terlalu dini. Tetapi saya akan melihat kondisinya saat sesi latihan hari ini (kemarin, Red). Hanya, kami memang harus menghemat energi kami,'' ucap Allegri, dikutip dari Calciomercato tadi malam WIB.

Bagaimana perkembangannya setelah dua bulan berlatih? ''Sejauh ini, perkembangannya baik-baik saja, dan dia harus terbiasa dengan tim yang perlu kerja keras agar mendapatkan kans bermain, perlu mental yang lebih kuat darinya untuk itu,'' tutur Allegri. Bukan hanya Cuadrado. Juventus juga akan mengistirahatkan beberapa pilarnya, termasuk il capitano Gianluigi Buffon.

Andai benar Bernardeschi mendapat jatah bermain lebih panjang dalam laga reuninya ini maka itu akan menjawab harapan vice president Fiorentina Giancarlo Antognoni. ''Dia tentunya bakal menemukan jati dirinya di Juventus pelan-pelan. Saya berharap dirinya mendapat banyak kepuasan, tapi setelah laga melawan Fiorentina saja,'' sebut Antognoni dalam wawancaranya di Sky Sport Italia. Lebih lanjut, Antognoni meminta fans menghormati keputusan Bernardeschi. (ren)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-italia 

Berita Terkait

El Faraon Pembeda

Liga Italia

Kontra Juventus, Don Carlo Dibikin Pusing Tujuh Keliling

Liga Italia

Jamu Fiorentina, Inter Siap Kikis Ancaman Trio Terlaris

Liga Italia

Jadwal Lengkap Pekan Keenam Serie A 2018-2019

Liga Italia

Prediksi Inter Milan vs Fiorentina: Musuh Besar Datang Lagi

Liga Italia

IKLAN