Nusantara

International Coffee Day Manjakan Penikmat Kopi Lampung

Redaktur:
International Coffee Day Manjakan Penikmat Kopi Lampung  - Nusantara

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Hari Kopi Internasional (International Coffee Day) yang dipusatkan di Provinsi Lampung bakal menjadi even yang memanjakan para penikmat kopi. Karenanya, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengajak penikmat kopi untuk ikut memeriahkan perhelatan tersebut.

Rencananya, aneka acara digelar untuk mempromosikan kopi robusta Lampung. Termasuk minum kopi gratis bagi yang hadir pada perayaan yang dimulai 29 September hingga puncaknya 1 Oktober 2017 itu.

Selain acara yang dikemas panitia, gubernur juga berharap merayakan Hari Kopi Internasional di berbagai kafe, restoran, rumah makan, dan tempat kuliner lainnya dengan menawarkan kopi robusta Lampung kepada tamu.

’’Target kegiatan ini adalah meningkatkan pertumbuhan konsumsi lokal kopi Lampung. Kami mendorong masyarakat Lampung usia dewasa mengonsumsi berbagai rasa dan varian kopi Lampung,” kata Ridho dalam keterangan persnya kepada koran ini, kemarin.

Perhelatan ini, menurut dia, merupakan upaya mengingatkan kembali program rehabilitasi kopi yang dicanangkan wakil presiden RI pada 2014. Pencanangan itu menargetkan produktivitgas kopi Lampung dapat meningkat di atas 1 juta ton per hektare.’’Kami berharap ada penggantian tanaman kopi yang berumur di atas 30 tahun dengan tanaman kopi yang lebih produktif,” ujarnya.

Selain peningkatan kesejahteraan petani kopi melalui teknologi budi daya, kegiatan pertama di Lampung ini juga ingin menumbuhkan destinasi wisata kopi. Perkebunan yang baik akan menjadi daya tarik wisata. ’’Perkebunan kopi dapat dijadikan destinasi wisata. Ini sejalan dengan tiga program prioritas pembangunan Lampung, yaitu pertanian, industri, dan pariwisata,” kata Ridho.

Kemeriahan Hari Kopi Internasional ini, menurut Kepala Dinas Perindustrian Lampung Tony L. Tobing, bakal diisi dengan berbagai kegiatan. Kegiatan itu tentu melibatkan masyarakat dan komunitas penikmat kopi, baik dari dalam maupun luar Lampung. Sejumlah negara buyer Eropa, Asia, dan Amerika menyatakan siap hadir, termasuk para duta besar negara sahabat.

Rangkaian acara, kata Tony, dimulai pada Sabtu (29/9) pukul 19.00 di Paradise, Hotel Novotel. Yaitu dengan mengundang peserta dan masyarakat untuk menikmati lebih dari 1.000 cup kopi gratis. ’’Acaranya dikemas rileks agar tercipta suasana menikmati kopi sesungguhnya. Ada pagelaran tari dari Kabupaten Lampung Barat. Sebagai penghasil kopi robusta terbaik, Lambar bakal tampil all out di acara ini,” ungkap Tony. (rls/c1/wdi/jpg)

TAGS

Berita Terkait

Banten Raya / Tenggak Hajar Aswad, Pengunjung FM3 Tewas

Daerah / Dana Taktis Tak Cukup Tangani Jalan Longsor

Daerah / Jalan Desa Terseret Longsor

Banten Raya / Heboh, Penemuan Mayat Menggantung di Jaura Lebak

Internasional / Penyelamatan Viking Sky Diteror Badai

Megapolitan / Setelah Kebakaran, Inventarisasi Pedagang


Baca Juga !.