KPK: 4 Mobil Bupati Kukar Diduga Dibeli dari Uang Suap

INDOPOS.CO.ID – Sebanyak 4 mobil mewah milik Bupati Rita Widyasari sudah disita oleh KPK. Penyitaan itu terkait dengan kasus dugaan suap dan gratifikasi Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari. Keempat mobil yang tergolong premium itu adalah Jeep Hummer dengan nomor polisi KT 7 RW, Land Cruiser Cygnus berpelat nomor KT 1408 CS, Toyota Vellfire bernomor polisi KT 7 KK, serta Ford Everest berpelat nomor KT 168 CK.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menyebut bahwa mobil-mobil itu diduga dikuasi oleh Rita, namun menggunakan nama orang lain. "Diduga dibeli dari hasil suap atau gratifikasi," kata Basaria, dalam keterangannya kepada wartawan, di gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/9).

Rita sudah ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima suap dan gratifikasi senilai lebih dari Rp 12 miliar. Penyidik pun sudah melakukan serangkaian penggeledahan terkait kasus tersebut 3 hari berturut-turut mulai dari tanggal 25-28 September 2017.

Tempat yang menjadi lokasi penggeledahan adalah sejumlah kantor di lingkungan Pemkab Kukar. Di antaranya kantor Bupati, kantor Dinas Perkebunan, kantor Dinas Lingkungan Hidup, kantor Dinas Pekerjaan Umum, kantor Dinas Pendidikan, kantor Dinas Perhubungan, kantor Dinas Pertanian, serta kantor Dinas Penanaman Modal.

"Hingga saat ini, penggeledahan masih berlangsung," ujar Basaria.

Dari penggeledahan di beberapa lokasi yang sudah rampung, penyidik menyita sejumlah dokumen yang dinilai terkait dengan kasus. Termasuk di antaranya adalah catatan transaksi keuangan.

"Disita dokumen berisikan catatan transaksi keuangan yang tekait gratifikasi yang terjadi, dokumen perizinan perkebunan, kelapa sawit, dan proyek-proyek," ujar Basaria. (nug)

Komentar telah ditutup.