Selasa, 17 Juli 2018 10:46 WIB
bjb juli

Nusantara

Masyarakat Terdampak Penutupan Prostitusi Dapat Rp 500 Juta

Redaktur:

Ilustrasi (Dok. JawaPos.com)

INDOPOS.CO.ID - Dinas Sosial Kabupaten Tegal terus melakukan langkah penanganan terpadu pascapenutupan lokasi protitusi di sepanjang jalur Pantura. Jika 2017 melalui APBD II telah digelontorkan sebebsar Rp 1,1 millar, di 2018 nanti pemkab kembali menggelontorkan Rp 500 juta.

Kepala Dinsos Kabupaten Tegal Nurhayati mengaku, langkah koordinasi terpadu dengan Forkompinda hingga kini terus dilakukan. Hal ini untuk meminimalisir adanya kecenderungan dari mereka untuk kembali melakukan aktivitasnya secara sembunyi-sembunyi.

"Bila 2017 lalu, dari dana yang ada teralokasi untuk pengadaan 11 paket pelatihan bagi masyarakat yang terdampak, setidaknya diharapkan mereka bisa menekuni profesi baru sesuai dengan pelatihan yang telah didapatkan," ujarnya.

Tidak berhenti di tingkat pelatihan, pihaknya juga telah memberikan bantuan sosial tidak direncanakan, yang berupa bantuan sosial ekonomi produktif. Besarannya Rp 2 juta per KK. Data yang sudah terverifikasi, ada 158 KK ditambah 22 KK, total sebanyak 180 KK. Sementara bagi yang belum, kini sedang diupayakan percepatan prosesnya oleh BPKAD.

"Masyarakat terdampak pascapenutupan lokasi prostitusi juga mendaspatkan beasiswa bagi putra- putrinya dari Bazda," ujarnya dilansir Radar Tegal (Jawa Pos Group).

Pihaknya tengah berupaya memberi solusi bagi warga yang terdampak, misalnya bagi mantan tukang cuci dan tukang sapu serta profesi lainnya di sekitar eks lokasi protitusi diharapkan mereka bisa mandiri. Semua itu butuh proses dan butuh sentuhan tokoh agama juga tokoh masyarakat agar mereka tidak secara sembunyi-sembunyi justru melakukan aktivitas lama dalam kemasan baru. (yuz/jpg/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #psk #prostitusi-jalan-pantura #prostitusi-ditutup 

Berita Terkait

Jalan Puspemkab Tangerang Jadi Tempat Maksiat

Banten Raya

Rumah Dirazia, Isinya Lima Janda Berprofesi PSK

Nusantara

Tempat Dugem Digerebek, Polisi Temukan...

Nusantara

Pengakuan PSK: Saya Keenakan

Nusantara

IKLAN