Nasional

Jokowi: Kita Masih Berorientasi pada Prosedur

Redaktur: Darul Fatah
Jokowi: Kita Masih Berorientasi pada Prosedur - Nasional

Presiden Joko Widodo

INDOPOS.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jowoki) menyempatkan diri bertatap muka dengan jajaran Direksi dan Pimpinan Jawa Pos Grup (JPG), Ahad (8/10) di ruang redaksi Jawa Pos, Graha Pena Surabaya. Meskipun orang nomor satu di Indonesia itu tengah sibuk menjalankan agenda pemerintahan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. 

Di hadapan para Direktur dan Pimpinan Redaksi JPG, Presiden Jokowi menyentil tentang kemajuan teknologi yang berlangsung pesat dewasa ini. Kemajuan tersebut telah mengubah kehidupan secara global di berbagai belahan dunia. Tak terkecuali di Indonesia. “Sekarang ini terjadi perubahan landscape baik dari sisi politik, ekonomi, maupun nasional yang dipicu oleh kemajuan teknologi,” ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut Jokowi, langkah strategis yang bisa menghadapi perubahan tersebut adalah inovasi. Karya-karya inovatif harus berpacu (dilahirkan,red) dengan pesatnya perubahan dewasa ini. “Karena itu sangat disayangkan ketika ada orang inovatif, begitu gagal lalu disalahkan. Ini menunjukkan kita masih berorientasi pada prosedur bukan berorientasi pada hasil,” ungkap Jokowi yang disambut aplaus para tamu undangan.

Jokowi mengakui bila regulasi yang ada baik di tingkat pusat, provinsi maupun daerah belum pro terhadap proses yang cepat atau yang mendorong lahirnya pemikiran-pemikiran kreatif dan inovatif. “Perlu kekuatan politik yang besar untuk mengubah regulasi agar kita bisa berlari dengan cepat. Sebab, pergeseran ini bila tak segera disikapi maka kita akan ikut digilas,” kata Jokowi menekankan.

Mantan wali kota Solo itu juga mengajak media dapat menjadi lokomotif lahirnya pemikiran-pemikiran inovatif dan kreatif. Jokowi berharap, media mampu membangun situasi yang kondusif serta optimisme dalam rangka mendorong kemandirian bangsa dan Negara.

Sebelumnya, CEO Jawa Pos Dahlan Iskan saat menyambut kedatangan Presiden Jokowi, sempat memperlihatkan beberapa hasil karya anak bangsa. Di antaranya mobil listrik Selo, sepeda motor listrik serta baterai lithium. Dahlan Iskan berharap, pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi bisa ikut merestui dan mendorong kemajuan karya anak-anak bangsa. (jpg/rul)

Berita Terkait

Nasional / Presiden Restui Pabrik Ban Berdiri di Sumsel

Nasional / PKH Lahirkan Generasi Muda yang Kompetitif

Nasional / Ini Diskusi Santai Pekerja Perkebunan dengan Presiden

Banten Raya / Presiden Apresiasi Program Tagana Masuk Sekolah


Baca Juga !.