Kesehatan

Sebelum Tidur, Jajanan di Pasaran Ini Sebaiknya Dihindari

Redaktur:
Sebelum Tidur, Jajanan di Pasaran Ini Sebaiknya Dihindari - Kesehatan

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Waktu tidur yang disarankan untuk setiap anak berbeda-beda, tergantung pada usianya. Anak usia sekolah disarankan untuk tidur selama 9-11 jam, balita 10-13 jam, dan bayi 11-14 jam dalam sehari. Anak susah tidur bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya mengonsumsi jajanan sebelum tidur. 

Jika mendekati jam tidur anak mengonsumsi makanan atau jajanan, hal ini bisa memengaruhi waktu tidurnya. Karena itu, Anda sebagai orang tua harus waspada akan makanan dan jajanan yang membuat anak susah tidur. 

Lalu, apa saja jenis makanan tersebut? Kafein membuat seseorang terjaga. Zat ini tidak hanya ditemukan pada kopi, namun juga pada teh, cokelat, dan minuman bersoda. Oleh karena itu, hindari pemberian jajanan yang mengandung kafein pada anak, setidaknya 4-6 jam sebelum waktu tidur anak. 

Kemudian, makanan yang mengandung gula. Gula mengandung banyak energi, sehingga gula dapat membuat anak terjaga dan aktif. Anda harus menghindari pemberian makanan tinggi gula seperti es krim, cake, popcorn rasa karamel, dan sebagainya pada anak setelah makan malam atau sebelum tidur. 

Sebelum tidur, anak juga harus menghindari makanan seperti junk food yang tinggi lemak dan garam, serta jajanan tinggi garam seperti keripik. Makanan seperti itu susah dicerna oleh tubuh, sehingga membuat sistem pencernaan terus bekerja saat anak tidur. Hal ini tentu menyebabkan anak susah tidur. 

Daging merah seperti steak, sosis, dan sate kambing cenderung membuat saluran pencernaan bekerja secara ekstra. Saat malam hari, jauhkan anak dari makanan atau jajanan tinggi protein hewani, agar anak tidak susah tidur. 

Beberapa jenis sayuran mengandung serat yang tinggi, seperti brokoli atau kembang kol. Walaupun mengandung banyak nutrisi, makanan tinggi serat cenderung lambat untuk dicerna. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak memberikan sayuran tersebut kepada anak di malam hari. 

Ingat, makanan bisa memengaruhi waktu tidur anak. Mengingat waktu tidur sangat penting untuk tumbuh kembang mereka, Anda sebaiknya tidak memberikan makanan atau jajanan di atas, yang dapat membuat anak susah tidur.(ba/rvs/jpnn)

Hindari Konsumsi Makanan Ini Jelang Tidur

1) Kafein

2) Gula

3) Tinggi garam

4) Daging merah

5) Sayuran

TAGS

Berita Terkait

Kesehatan / Stres di Pagi Hari Disebut Bisa Optimalkan Kinerja Otak

Kesehatan / Jangan Anggap Remeh, Kenali Tanda-Tanda Serangan Katarak

Kesehatan / Perdana, Operasi Katarak Tanpa Menggunakan Pisau Bedah

Kesehatan / Musim Pancaroba Waspadai Batuk

Kesra / Fasilitas Kesehatan Elektronik


Baca Juga !.