Nasional

Tak Satupun Pasal Diterabas, Jika Kontrak Karya Freeport Tidak Perpanjang

Redaktur: Heryanto
Tak Satupun Pasal Diterabas, Jika Kontrak Karya Freeport Tidak Perpanjang - Nasional

Foto : KRjogja

INDOPOS.CO.ID - Mantan Ketua MPR Amien Rais mengatakan perpanjangan Kontrak Karya dengan PT Freeport Indonesia merupakan bukti bangsa Indonesia belum bisa lepas dari penjajahan asing. Dalam perjanjian kontrak baru itu, Indonesia akan mendapatkan saham 51 persen dari Freeport, menurut Amien itu merupakan sesuatu yang belum jelas.

“Katanya 51 persen kita dapet saham tapi nyatanya juga belum jelas. Jadi menurut saya ini contoh yang mengerikan kapan kita bebas dari penjajahan ekonomi asing?" tegas Amien di Gedung Nusantara III DPR / MPR, Senayan Jakarta Selatan, Selasa (10/10).

Amien menyoroti betul bahwa perpanjangan KK itu tidak masuk akal. Dia mengatakan dalam kasus perpanjangan Kontrak karya dengan Freeport itu, seandainya tidak diperpanjang, tidak menyalahi satu pasal pun di dalam undang-undang hukum perdata internasional.

“Jadi sesungguhnya tidak satupun pasal yang kita langgar, tidak ada satupun konvensi hukum internasional yang kita terabas kalau kita tidak memperpanjang kontrak karya kita dengan Freeport Mc Mooran yang akan berakhir tahun 2020. Tapi mengapa kemudian wacana untuk mengambil alih kembali Freeport menjadi milik negara kita menjadi bagian integral dari kekuasaan ekonomi kita itu, kok dilepaskan dibuka kembali diperpanjang kembali,” tambahnya.

Selanjutnya Amien berkesimpulan semakin lama negara Indonesia ini semakin lepas dari pondasi kedaulatan politik, ekonomi, hukum, dan hankam. (jaa)

Baca Juga


Berita Terkait

Ekonomi / Freeport Buru Pinjaman USD 3 Miliar

Nasional / UGM Tak Pernah Cabut Jabatan Guru Besar Amien Rais

Politik / Jumat Ini, Amien Rais Dapat Panggilan Kedua

Daerah / Korban PHK Freeport Tuntut Kejelasan Nasib

Nasional / Obama dan Trump Tak Pernah Singgung Freeport

Nusantara / Polisi Investigasi Kecelakaan Tambang Bawah Tanah PT Freeport


Baca Juga !.