Jumat, 14 Desember 2018 07:55 WIB

Politik

Hasil Penelitian: Rakyat Sulsel Kecewa kepada Pejabat dan Mantan Pejabat

Redaktur: Nurhayat

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Kancah politik di Sulawesi Selatan diwarnai dengan kemunculan pendatang baru. Meski terbilang baru terjun di dunia politik, mereka sudah mendapat tempat di hati masyarakat. Fenomena ini terjadi karena didasari kekecewaan masyarakat terhadap para pejabat atau mantan pejabat daerah  yang dinilai hanya tebar pesona dan mengingkari janji-janjinya saat kampanye.

Salah satu tokoh baru di Sulsel yakni, Rivai Ras mulai menjadi idola dan diharapkan bisa memimpin Sulawesi Selatan 5 tahun yang akan datang. Temuan tersebut terkuak dari hasil survey yang dilaksanakan Fokus Survei Indonesia (FSI). FSI sendiri, melalukan penelitian sejak 27 September s/d 7 Oktober 2017, terkait fenomena pra Pilgub di Sulawesi Selatan dengan melakukan "Jajak Pendapat Publik Sulawesi Selatan" untuk mendapatkan data-data tentang respon publik Sulsel terhadap para tokoh yang akan mencalon kan diri sebagai Calon Gubernur Sulsel.

Dan dari hasil penelitian terkait tokoh yang akan dipilih jika Pilgub diadakan nanti, maka di luar dugaan dan sangat fenomenal jawaban publik menunjuk nama Rivai Ras, sebagai tokoh yang paling banyak dipilih oleh 22,4 persen dari 1.667 responden, urutan Kedua Nurdin Abddullah 16,1 Persen ,Agus Arifin Nu'Mang 11,3 Persen ,Akbar Faisal 9,3 Persen ,Ichsan Yasin Limpo 7,2 Persen ,Nurdin Halid 6,2 Persen, Azis Kahar Muzakar 5,1 Persen Dan yang belum memilih 22,4 Persen.

Hal ini diungkapkan Ziyad Falahi selaku Direktur FSI. "Tinggi nya pilihan masyarakat terhadap Rivai Ras yang merupakan tokoh baru dalam Politik Sulsel ternyata alasan masyarakat Sulsel yang diwakili oleh responden menyatakan Kalau mereka sudah tidak percaya dengan tokoh-okoh Politik lama," ujarnya, di Jakarta, Jumat (13/10).

Lanjutnya, masyarakat juga kecewa dengan kepala daerah yang saat ini masih menjabat atau mantan kepala daerah yang tidak konsisten dengan janji kampanye. "Dengan realistas yang dilakukan ,serta anggapan masyarakat, mereka (para tokoh lama, red) hanya menguasai proyek-proyek dari APBD untuk bisnis keluarga dan antek anteknya," tandasnya.

Penelitian dan survei tokoh Sulsel yang akan maju pilkada ini juga merupakan bagian dari mengungkap fakta, dimana akhir-akhir ini marak pemberitaan di media massa dan media sosial serta baleho dan gambar gambar beberapa tokoh di Sulawesi Selatan yang mempromosikan diri untuk maju sebagai calon Gubernur Sulawesi Selatan pada tahun depan untuk mengantikan kepemimpinan dua periode Syahrul Yasin Limpo. (aen)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pilgub-sulsel 

Berita Terkait

IKLAN