Selasa, 20 November 2018 11:04 WIB
pmk

Kesehatan

Baca Baik-Baik, Gadget Bisa Menyebabkan Beberapa Hal Ini pada Anak

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

EDUKASI ANAK: Sani B Hermawan, Pakar Psikologi yang banyak menganalisis anak dan remaja, dalam paparannya pada talkshow tentang Pediatric Vision Screening di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta, Kamis (19/10). Foto: ali rahman/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID- Era digital membawa pengaruh besar bagi tumbuh kembangnya anak. Saat ini, anak-anak dan remaja banyak menghabiskan waktu dengan bermain gadget.

"Selain membawa pengaruh positif, gadget juga membawa dampak negatif pada anak," ujar Sani B Hermawan, Pakar Psikologi yang banyak menganalisis anak dan remaja, dalam paparannya pada talkshow tentang Pediatric Vision Screening di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta, Kamis (19/10).

Secara psikologis, kata Sani, hadirnya gadget menyebabkan komunikasi dengan anak semakin susah. Prestasi anak bisa menurun karena konsentrasinya terganggu. Sementara secara fisik akan muncul masalah kesehatan dan gangguan pada mata. "Kondisi tersebut perlu diatasi. Caranya dengan membuat 'deal' antara anak dan orang tua dan proses itu dilakukan dengan menyenangkan serta dua arah," terang dia.

Durasi pemakaian gadget, menurut Sani, tidak lebih dari tiga jam perhari dengan istirahat 30 menit per 1 jam, kecuali untuk tujuan sekolah. "Ajari anak memahami dampak negatif yang merugikan dirinya apabila tidak diatasi," tutur dia.

Sani menyarankan, agar memastikan si Anak menggunakan gadget dengan posisi yang tepat, pencahayaan cukup dan tidak terlalu dekat sehingga tidak merusak mata. "Untuk menjaga kesehatan anak juga dianjurkan tetap bergerak, minum dan makan. Pemeriksaan mata pun harus rutin dilakukan," papar dia. (rmn)


TOPIK BERITA TERKAIT: #lifestyle #gadget 

Berita Terkait

IKLAN