Sabtu, 17 November 2018 07:47 WIB
pmk

Liga Champions

Klub Inggris Menggeliat di Liga Champions

Redaktur:

Foto: INT

INDOPOS.CO.ID - Sejak Chelsea merengkuh juara pada 2012, prestasi klub Inggris di Liga Champions mengalami kemerosotan atau degradasi. Hanya Chelsea (2014) dan Manchester City (2016) yang menyelamatkan muka Inggris dengan menembus semifinal. Asa mengembalikan reputasi datang musim ini.

Premier League mampu menempatkan wakil terbanyak (lima klub) di fase grup. Dan, setelah separo perjalanan atau hingga matchday ketiga, hasilnya maksimal. Chelsea, City, Manchester United, hingga Liverpool,  dan Tottenham Hotspur semuanya menduduki pemuncak klasemen di grup masing-masing plus belum terkalahkan.

Spurs, misalnya, mampu mengungguli juara dua musim terakhir, Real Madrid, di Grup H. Lalu, Liverpool menduduki posisi teratas Grup E setelah dalam laga terakhirnya mencatat kemenangan pertamanya dengan skor fantastis (7-0) atas Maribor. City malah meraih hasil sempurna di Grup F.

Nah, kemarin dini hari WIB (19/10), United menyusul tim sekotanya dengan mencatat kemenangan ketiga di grup Ab atau setelah unggul 1-0 atas Benfica di Estadio da Luz. Gol free kick Marcus Rashford yang dibumbui blunder kiper 18 tahun Mile Svilar pada menit ke-64 membuat Setan Merah unggul dari FC Basel (6 poin) dan CSKA Moscow (3 poin).  ”Kami mungkin tidak tampil meyakinkan (lawan Benfica, Red), tetapi meraih hasil efektif yang sangat penting bagi perjalanan di kompetisi ini (Liga Champions),” kata gelandang bertahan United Nemanja Matic seperti dilansir Manchester Evening News.

Permainan United kembali menuai kritik di Da Luz. Memang tidak ada lagi parkir bus seperti saat menahan Liverpool di Anfield (14/10). Tetapi, Antonio Valencia dkk terlihat lebih suka menunggu bola untuk melakukan serangan balik. ”Terkadang saya merasa bertahan bagus adalah (taktik, Red) licik, tetapi itu bukan licik,” ujar pelatih United Jose Mourinho kepada A Bola.

Apa pun kritik untuk United, yang pasti Setan Merah (bersama City) ditahbiskan UEFA sebagai klub dengan koefisien ranking terbaik di Liga Champions sampai matchday ketiga. Duo Manchester sama-sama mengoleksi 11.614 poin dan unggul dari Barcelona (yang juga sempurna dari tiga laga) dengan 11.228.

Sementara itu, di Grup C, Chelsea masih aman di puncak klasemen meski ditahan 3-3 AS Roma di Stamford Bridge kemarin. Hanya, kebobolan tiga gol di The Bridge adalah kali pertama dialami The Blues di kandang sendiri dalam ajang Eropa. (dra/c25/dns)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-champions 

Berita Terkait

Jamu Valencia, MU Bertekad Redam Tekanan Old Trafford

Liga Champions

Hoffenheim vs Man City, Saatnya Show Leroy Sane

Liga Champions

Morata Bisa Ikuti Idolanya

Liga Champions

Penggoda Hati Sarri

Liga Champions

Jamu Roma, Madrid Tunggu Teka-teki Lopetegui

Liga Champions

IKLAN