Politik

HNW Khawatir Ada Upaya Pendegredasian TNI

Redaktur: Wahyu Sakti Awan
HNW Khawatir Ada Upaya Pendegredasian TNI - Politik

Hidayat Nur Wahid. Foto: Rizka Pradhana/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) khawatir, penolakan Amerika Serikat terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot Nur Mantyo merupakan upaya untuk mendegradasikan TNI.

"Saya khawatir memang ada upaya untuk mendegradasikan TNI kita, supaya kemudian pada ujung akhirnya melahirkan sesuatu yang mencurigai bahwa TNI yang mempunyai afiliasi-afiliasi tidak saja dengan AS tapi terjadi dengan apapun," terang Hidayat Nur Wahid di Kompleks Parlemen RI Senayan, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017).

Menurutnya, penolakan tersebut juga merupakan hal yang harus diwaspadai karena pada dasarnya negara asing menginginkan Indonesia tidak stabil dengan beragam kondisi konflik, kesalahpaham dan saling adanya kecurigaan.

"Jadi menurut saya, sekali pun dari pihak AS sudah menyampaikan permintaan maaf, sangatlah layak Pemerintahan Indonesia melakukan protes keras," tandasnya.

Hal tersebut perlu dilakukan Pemerintah, dalam hal ini Menlu Retno Marsudi, lantaran penolakan Amerika tersebut tidak cukup hanya dengan permintaan maaf.

"(Ini) sudah terlanjur muncul perilaku yang tidak menghargai bahkan melecehkan. Mereka (AS) nggak tahu persis Pak Jenderal Gatot ini orang yang semua tahu siapa beliau ini adalah panglima TNI," ujarnya geram.

Jika pemerintah memprotes dengan keras, menurut HNW setidaknya ini membantu untuk mengembalikan hubungan baik antara Indonesia dengan Amerika. "Atau membantu stabilitas hubungan baik di Indonesia. Karena dengan penolakan itukan muncul kontroversi di Indonesia," tuntasnya. (jaa)

TAGS

Berita Terkait


Baca Juga !.