Dongkrak Wirausaha Baru, Kemenkop Dorong Digitalisasi

INDOPOS.CO.ID – KEMENTERIAN Koperasi dan UKM (Kemenkop & UKM) mengklaim jumlah wirausaha tercatat 3,1 persen. Dalam tempo 3 tahun rezim Jokowi-JK, jumlah wirausaha baru meningkat dari edisi 2014 di kisaran 1,56 persen. Padahal, awalnya proyeksi jumlah wirausaha 1 juta per tahun. Tetapi, dalam kurun kurang 3 tahun sudah mencapai 3,1 persen jumlah penduduk.

Di samping itu, kontribusi koperasi terhadap produk domestik bruto naik signifikan. Di mana, dalam 3 tahun terakhir menanjak menjadi 3,99 persen. Kemenkop dan UKM mematok koperasi berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) naik menjadi 6 persen dipenghujung 2019. ”Jumlah wirausaha baru diharap menembus 5 persen dari jumlah penduduk,” tutur Sekretaris Kemenkop & UKM, Agus Muharram.

Agus menyebut sukses itu hasil kerja bareng antara pemerintah, dunia bisnis, akademisi, stakeholder dan asosiasi-asosiasi. Pihaknya bilang Agus mendukung beragam upaya mendongkrak jumlah wirausaha baru, memajukan UKM, dan mendorong peran koperasi dalam perekonomian. Termasuk mendukung tekad pelaku UKM untuk go digital. ”Saat ini tidak ada UKM tanpa IT. UKM tanpa IT ketinggalan zaman,” ulasnya.

Agus berharap pemerintah daerah (Pemda) turut aktif mendukung dan memberi sumbangsih nyata terhadap kemajuan UKM. Dengan begitu, UKM dan koperasi bisa meningkatkan stabilitas ekonomi. Itu penting dan krusial supaya UKM tumbuh dan berkemajuan. ”Koperasi dan UKM kuat, tentu akan memperkokoh ekonomi nasional,” ucapnya.

Di sisi lain, tahun ini ajang Gebyar UKM Indonesia 2017 mengusung tema Saya Indonesia, Saya UKM, Saya 4.0. Acara itu digelar pada 18 kota meliputi Palembang, Palu, Banjarmasin, Solo, Batam, Semarang, Malang, Jakarta, Pekanbaru, Manado, Lampung, Medan, Bandung, Yogyakarta, Balikpapan, Makassar, Surabaya, dan Denpasar.

Peserta nantinya bakal menjalani kesempatan kurasi. Dan, kalau lolos kurasi berpeluang menjadi mitra Smesco Indonesia. Di mana, produk-produk UKM akan didisplai di Smesco Indonesia sebagai pengelola Galeri Indonesia Wow dan Rumah Desain. Hajatan Gebyar UKM meliputi seminar, kurasi, dan penghargaan international council for Small Business (ICSB) Presidential Award 2017. (far)

Komentar telah ditutup.