Nasional

Try Sutrisno Tegaskan TNI Tidak Terlibat Pemberontakan 65

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho
Try Sutrisno Tegaskan TNI Tidak Terlibat Pemberontakan 65 - Nasional

Try Sutrisno. Foto : Rizki p./indopos

INDOPOS.CO.ID – Mantan Wakil  Presiden Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno menegaskan, TNI pada masa pemberontakan PKI 1965 tidak pernah terlibat pemberontakan seperti yang dituliskan dalam dokumen rahasia Amerika Serikat yang baru-baru ini dipublikasikan.

"TNI bukan terlibat berontaknya, tapi TNI yang memberantas pemberontakan PKI, kalau PKI menang kamu hilang ini, dipotong semua lehernya. (Kalau) yang menang PKI jadi negara komunis kita," papar Sutrisno di Jakarta, Kamis (26/10).

Selain itu, Wakil Presiden ke-VI itu juga membantah bahwa TNI pernah meminta bantuan Amerika dan menyuplai berbagai peralatan seperti radio komunikasi kepada para ormas Islam dan masyarakat untuk memburu para simpatisan PKI."Tidak ada (TNI menyuplai). Seluruh dunia memberantas asing termasuk Indonesia sendiri, dilakukan oleh putra putri bangsa yang berpancasila, tidak ada bantuan Amerika," tegasnya.

Dia menceritakan bagaimana peran TNI dalam menghadapi kisruh pemberontakan di Blitar serta berbagai tempat di tanah air. Setelah 1965 PKI dilarang dengan keluarnya SP 11 Maret atau yang dikenal dengan Supersemar, PKI tetap saja masih mempunyai kekuatan di pantai selatan Jawa Timur.

"Masih ada lagi tripanji PKI yang artinya kamu harus tetap eksis tanpa bentuk jadi ideologi itu tidak cocok dengan pancasila, kita orang Pancasila tidak mau bergaul dengan ideologi antipancasila, komunisme no nggak perlu," pungkasnya. (jaa)

Berita Terkait

Megapolitan / Gereja Katedral Jakarta Dijaga Ketat

Nasional / TNI Tambah Personel di Nduga

Megapolitan / Jihandak Menutup Aksi Penanggulangan Teroris

Megapolitan / TNI Berhasil Bebaskan Sandera dari Teroris

Nasional / Tindak Tegas Pengganggu Pemilu


Baca Juga !.