Selasa, 11 Desember 2018 11:57 WIB

Liga Italia

Hadapi Juventus, AC Milan Sering Keok di Kandang

Menghadapi duel ini, Milan memikul beban berat.
Redaktur: Redjo Prahananda

Duel AC Milan vs Juventus

INDOPOS.CO.ID - AC Milan menjamu Juventus di San Siro dalam lanjutan Liga Italia Serie A, Sabtu malam (28/10). Kedua tim saling mengincar kemenangan untuk memuluskan kiprah di pentas Serie A musim ini.

Menghadapi duel ini, Milan memikul beban berat. Sebab, I Rossoneri sudah menelan empat kekalahan sejauh ini, dan membuat mereka berada di peringkat delapan klasemen dengan 16 poin, tertinggal sembilan poin dari Juventus di peringkat tiga. Belum lagi, mereka tertinggal 12 poin dari pemuncak klasemen Napoli.

Dengan kondisi ini, tentu saja kemenangan menjadi harga mati bagi AC Milan agar bisa tetap bersaing. Momen bersamaan, sang pelatih Vincenzo Montella mutlak mengantarkan  AC Milan bangkit. Tuntutan itu sekaligus akan menentukan masa depan bersama I Rossonerri.

Tuntusan sama berlaku untuk Juventus. Meski posisi mereka lebih baik, tim asuhan Massimiliano Allegri tetap saja ingin menang dalam rangka mengincar gelar scudetto ketujuh secara berturut-turut. Apalagi, dua pesaing terdekat, Napoli dan Inter Milan sampai sejauh ini terus tampil konsisten.

Berikut data dan fakta penting seputar duel ini

Juventus Dominan
Pertemuan antara AC Milan lawan Juventus kali ini merupakan edisi  ke-179 dalam sejarah. Juventus masih lebih dominan daripada Milan, dengan catatan kemenangan sebanyak 69 kali. AC Milan menang 51 kali dan 58 pertemuan lain berakhir imbang.

Dalam lima pertemuan terakhir, Juventus juga masih lebih unggul. Si Nyonya Tua menang tiga kali, sementara AC Milan dua kali.

Walau demikian, catatan ini tidak berarti bahwa Juventus lebih diunggulkan dalam pertemuan kali ini. Kendati memiliki statistik penampilan yang lebih baik, Juventus harus tetap mewaspadai semangat kebangkitan anak-anak asuh Vincenzo Montella.

Belum pernah sama kuat dalam 14 Pertemuan Terakhir

AC Milan dan Juventus juga saling membunuh dalam  setiap kali bertemu.  14 pertemuan terakhir antara kedua tim. Tidak ada hasil seri di sana. Dari 14 pertemuan terakhir itu terjadi di rentang waktu 25 November 2012 hingga 10 Maret 2017.

Lagi-lagi, Juventus tetap masih lebih dominan dengan menang 11 kali, sedangkan AC Milan hanya tiga kali. Rekor terbaik AC Milan saat menghadapi Juventus justru terjadi sebelum 14 pertemuan terakhir itu, di musim 2009/2010. 

Dari dua kali pertemuan kandang dan tandang, AC Milan masing-masing menang telak 3-0. AC Milan kala itu masih mengandalkan Aleksander Pato dan Marco Boriello, serta Andrea Pirlo dan Clarence Seedorf

AC Milan Sering Kalah di Kandang

Milan mesti bermain hati-hati dalam pertandingan kali ini walaupun bermain di markas sendiri. Sebab, I Rossoneri seringkali keok di kandang sendiri oleh Juventus. Dari total 69 kali kalah, 22 di antaranya terjadi di San Siro.

Tren tersebut belum hilang dalam 10 pertemuan terakhir, di mana AC Milan kalah tiga kali di kandang. Kekalahan kandang terakhir terjadi di pekan ke-32 Serie A musim 2015/2016. I Rossoneri kalah dengan skor 1-2. Sempat unggul lebih dulu lewat Alex, Juventus mengembalikan keadaan lewat Mario Mandzukic dan Paul Pogba.

485 Gol Tercipta

Dari seluruh pertemuan antarkedua tim, sudah tercipta 485 gol. Rinciannya, Juventus melahirkan 253 gol, sedangkan AC Milan 232 gol.

Meski kalah dalam jumlah gol dan kemenangan, namun dalam beberapa pertemuan, AC Milan pernah menang dengan skor telak,  4-1 di pekan ke-21 Serie A musim 1988/1989, 5-1 di pekan ke-12 Serie A musim 1961/1962, 7-1 di pekan ke-23 Serie A 1949/1950, dan 5-0 di pekan 12 Serie A 1947/1948.

Pencetak gol terbanyak dalam pertemuan kedua tim Jose Altafini. Legenda Brasil 79 tahun itu pernah membela kedua tim, dan total mencetak 14 gol di pertemuan Milan vs Juventus. AC Milan, mencetak 13 gol ke gawang Juventus. Sedangkan ketika bermain untuk Juventus,  satu kali membobol gawang AC Milan.


TOPIK BERITA TERKAIT: #ac-milan #juventus #serie-a #liga-italia 

Berita Terkait

Resmi CEO Rossoneri

Indosport

Frustrasi 6 Pemain Terkapar di Ruang Perawatan

Indosport

Bukan Striker Bengal

Indosport

Bukan Striker Bengal

Indosport

Bukan Striker Bengal

Indosport

Badai Bikin Tuan Rumah Gigit Jari, Genoa 1 vs Napoli 2

Liga Italia

IKLAN