Tujuh Partai Politik Sidang di Bawaslu Hari Ini

INDOPOS.CO.ID– Fase krusial akan dijalani sejumlah partai politik yang dinyatakan tidak lolos berkas pendaftaran sebagai calon peserta Pemilu 2019. Hari ini (1/11) mereka akan memulai sidang pendahuluan laporan dugaan pelanggaran administrasi yang dilakukan KPU.

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo mengungkapkan, tiga di antara sepuluh laporan yang masuk bisa disidangkan hari ini. Sebab, proses pemenuhan berkas yang dipersyaratkan mengalami keterlambatan. ”Yang akan untuk putusan pendahuluan ada tujuh pelapor,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (31/10).

Baca Juga :

Anis Matta dan Fahri Hamzah Dirikan Partai Gelora

Tujuh partai yang akan memulai sidang adalah PKPI Hendropriyono, Partai Idaman, Partai Bulan Bintang, Partai Bhinneka Indonesia, PKPI Haris Sudarno, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, serta Partai Republik. Lalu, tiga partai yang akan menjalani sidang pada kesempatan selanjutnya adalah Partai Rakyat, Partai Swara Rakyat Indonesia, dan Partai Indonesia Kerja.

Dewi menjelaskan, dari tiga parpol yang belum mendapat jadwal sidang, Partai Rakyat sudah diregistrasi pada 30 Oktober. Sementara itu, dua parpol lainnya sudah menyampaikan laporan dalam bentuk dokumen ADM 2 dan diberi waktu tiga hari untuk melengkapi bukti. ”Paling lambat pada 1 November 2017,” imbuhnya.

Baca Juga :

Rencananya, putusan pendahuluan atas laporan tersebut bisa dibacakan pada 3 November. Jika dianggap memenuhi bukti, laporan akan ditindaklanjuti ke sidang pembuktian.

Sementara itu, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menyatakan, meski hanya sidang pendahuluan, rencananya KPU hadir dalam proses tersebut. ”Kami tentu akan menghadiri sidang tersebut, karena memang diundang,” ujarnya. Namun, lanjut Pram, jajarannya belum akan membawa bukti-bukti yang dimiliki. Sebab, jadwalnya memang belum memasuki agenda pemeriksaan dan pembuktian barang bukti.

Baca Juga :

Dana Parpol Jakarta Naik

Mantan ketua Bawaslu Banten itu menjelaskan, saat ini KPU sudah berada dalam posisi siap jika sidang pokok perkara digelar dalam rentang waktu yang dekat. Tidak hanya dokumen, argumen terkait keputusannya menyatakan sejumlah partai tidak memenuhi syarat juga sudah ada.

”Kita sudah siapkan data dan dokumen yang dapat memperkuat argumen,” imbuhnya. Dia juga menegaskan, apa pun yang diputus Bawaslu akan ditindaklanjuti sebagaimana ketentuan dalan UU Pemilu. (far/c17/fat/JPG)

Komentar telah ditutup.