KPU Sebut Sipol tak Berpengaruh terhadap Kegagalan Parpol saat Mendaftar

INDOPOS.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menilai kendala teknis yang terjadi di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) tak memberikan pengaruh yang signifikan terkait kegagalan parpol mendaftar sebagai calon peserta pemilu. Kendala teknis dalam Sipol terjadi selama masa pendaftaran parpol. Namun, KPU memiliki catatan lengkap terkait waktu dan durasi gangguan teknis tersebut.

”Menurut kami, itu tidak signifikan mempengaruhi kegagalan parpol-parpol dalam mengunggah data ke Sipol,” kata Komisioner KPU, Pramono Ubaid Thanthowi, saat menghadiri sidang di Gedung Bawaslu, Jumat (3/11).

Baca Juga :

Enam Petahana Terancam Diskualifikasi

Pada kesempatan ini, KPU memberikan penjelasan dalam sidang terbuka yang digelar Bawaslu guna menindaklanjuti laporan gugatan dari 10 partai politik.

10 partai politik yang dimaksud adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) pimpinan AM. Hendropriyono, PKPI pimpinan Haris Sudarno, Partai Islam Damai Aman (Idaman), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Bhinneka Indonesia, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Republik, Partai Rakyat, Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo), Partai Indonesia Kerja (PIKA), serta Partai Bhinneka Indonesia (PBI).

Seperti diketahui, KPU menjadikan  sebagai syarat utama pendaftaran calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019. Pengaktifan Sipol ini telah menggugurkan 10 partai politik (Parpol) pada proses verifikasi calon peserta pemilu.

Akibatnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kebanjiran laporan administrasi. 10 parpol tersebut secara bergantian menyambangi kantor Bawaslu. Laporan ini dilanjutkan ke proses sidang. (rmn)

Baca Juga :

Tiga Pimpinan KPU RI Positif COVID-19

Komentar telah ditutup.