Senin, 19 November 2018 04:07 WIB
pmk

Tekno

Gawat, WhatsApp Dikabarkan Down di Seluruh Dunia

Redaktur:

WhatsApp (Reuters)

INDOPOS.CO.ID - WhatsApp tampaknya sedang bermasalah. Pasalnya, aplikasi pesan instan ini tidak dapat digunakan penggunanya di dunia. Pengguna tidak dapat mengirim dan menerima pesan. Status di bagian atas aplikasi tersebut hanya berputar-putar dengan tulisan 'connecting'. Padahal tak ada masalah dari jaringan internet pengguna.

Data dari situs downdetector.com menyebutkan bahwa ada ribuan laporan dari seluruh dunia mengenai WhatsApp. Mereka menyatakan bahwa layanan WhatsApp tidak dapat digunakan.

Dalam laman tersebut juga disebutkan bahwa masalah utama yang dikeluhkan pengguna WhatsApp adalah masalah koneksi (45 persen), kesulitan mengirim dan menerima pesan (40 persen), hingga sulit melakukan login (13 persen).

WhatsApp Down

Laporan gangguan Whatsapp meningkat tajam sejak pukul 15.00 WIB (Downdetector.com)

 

Laman yang sama juga memperlihatkan beberapa wilayah yang terdampak tumbangnya layanan WhatsApp, yakni Eropa, terutama Inggris, Belanda, Belgia, Portugal, Luxemburg, Swiss, Prancis, Jerman, Ceko, Spanyol, Italia, dan Turki. Hal yang sama juga dilaporkan di sejumlah negara di Asia, seperti India, sebagian Tiongkok, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

"Down in Portugal," tulis Tiago Abrantes dalam laman downdetector.com itu. "Down in indonesia," sambung Wahyu Saputro dalam laporan berikutnya.

Gangguan WhatsApp juga sempat dirasakan warga Jakarta. "Tadi WhatsApp sempat error sekitar sejam. Saya nggak bisa kirim dan nerima pesan. Sekarang udah pulih," ujar Ilham Safutra, warga Jakarta yang sempat merasakan WhatsApp down.

Selain itu ada pula laporan yang menyebut bahwa ada sebagian negara yang sudah kembali normal. "Filipina sudah pulih kembali," tulis Wai Hoong Tham. "Rusia sudah Ok," sambung Cord.

Sejauh ini belum ada kejelasan resmi dari pihak WhatsApp mengenai penyebab gangguan tersebut. (fab/ce1/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #whatsapp #whatsapp-down #seluruh-dunia 

Berita Terkait

Pemerintah Ancam Blokir WhatsApp

Headline

Kinerja Kementerian Kominfo Disoal

Nasional

IKLAN