Senin, 24 September 2018 12:53 WIB
pmk

Nusantara

Minim Atraksi Seni Budaya, Pengelola Museum Diminta Lakukan Ini

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Tantangan yang sering dihadapi dalam pengelolaan Museum diantaranya adalah menciptakan iklim Masyarakat Cinta dan Peduli Museum, karena keterbatasan dana pengelolaan Museum dan minimnya atraksi maka sumber daya manusia (SDM) Museum dituntut untuk berinovasi dan melakukan kerjasama dengan pihak pihak lain.     

Hal ini dikemukakan Kepala Museum Balaputra Dewa, Chandra Amprayadi pada Hari Jadinya yang ke-33, di kawasan Museum Balaputra Dewa Jalan Srijaya Negara Palembang, Minggu (5/11) .    

Selanjutnya dikatakan kerjasama yang dimaksud bukan hanya di bidang SDM dan sarana prasarana saja melainkan juga dalam bentuk lain seperti atraksi seni budaya sebagai bentuk sajian acara kebudayaan yang unik dan kreatif dengan tidak mengurangi misi idealis Museum sebagai tempat disemaikanya rasa  kebangsaan.     

Masih menurut Chandra dalam Ulang Tahunya kali ini Museum Balaputra Dewa bekerjasama dengan Polda Sumatera Selatan (Sumsel), dalam hal ini Direktorat Binmas Polda Sumsel memberikan bantuan fasilitas sarana promosi dan publikasi dalam bentuk Leaflet sebanyak10.000 lembar.     

Kerjasama serupa juga pernah dilakukan Museum Balaputra Dewa dengan PT Telkom Indonesia danTelkomsel  serta PT Sharp Indonesia untuk pengadaan fasilitas jaringan Internet dan bantuan sarana kebersihan, selain itu juga pihaknya pernah mendapatkan bantuan konservasi restorasi Rumah Limas dari Bank Indonesia.    

Sementara itu, Direktur Binmas Polda Sumsel, Kombes Teguh Prayitno dalam sambutanya mengatakan Polri dalam kegiatan Bina Lingkungan mewujudkan  peranya sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat menunjukan bukti kecintaanya terhadap peninggalan budaya melalui Museum Balaputra  dengan memberikan bantuan sarana promosi dan publikasi.    

Menurutnya hal ini adalah langkah awal yang akan terus berkelanjutan. Kali ini dengan membawa slogan Museum di Hatiku, Direktur Binmas Polda Sumsel  mengajak masyarakat untuk cinta dan peduli terhadap Museum.    

Dalam peringatan kali ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Museum Balaputra Dewa Chandra Amprayadi dan Dir Binmas Polda Sumsel Kombes Teguh Prayitno. (rzq)


TOPIK BERITA TERKAIT: #seni-budaya 

Berita Terkait

IKLAN