Jumat, 21 September 2018 11:35 WIB
pmk

Nasional

Gubernur Jateng: Potensi Transmigran di Jawa Tengah 3 Ribu KK

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Nasuha/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyambut baik kerja sama program transmigrasi dengan Provinsi Sumatera Barat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya memiliki potensi hingga 3 ribu Kepala Keluarga(KK).

" Target awal kami sebanyak 100 KK. Kami hanya orangnya, mereka lahannya," ujar Ganjar Pranowo usai menandatangani kerjasama program transmigrasi dengan Provinsi Sumatera Barat di kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi di Jakarta, Senin(6/11/2017).

Ganjar mengungkapkan, minimnya anggaran negara menyebabkan program yang sudah berjalan sejak era Orde Baru tersebut hanya menyasar sedikit masyarakat. Kendati demikian pihaknya optimistis dengan formula baru yang diberikan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi.

"Anggaran sangat terbatas, maka pihaknya melibatkan pihak swasta," kata Ganjar.

Dia yakin, persiapan jenis komoditas atau Prukades di daerah transmigrasi akan memberikan kepastian kepada para transmigrasi. Karena, menurut Ganjar para transmigran tidak berangan-angan lagi bagaimana mengelola lahan transmigrasi.

Untuk mendukung hal itu, lanjut Ganjar pihaknya akan memberikan pelatihan. " Sebelum berangkat, para transmigran sudah siap apa akan menanam apa di sana," jelas Ganjar.

Ia menambahkan, selain Prukades Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi juga akan membangun sarana pascapanen di kawasan transmigrasi. Hal ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan transmigrasi.(nas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kerjasama-pembangunan 

Berita Terkait

IKLAN