Headline

Pemerintah Wajib Lindungi Data Pribadi Pengguna Ponsel

Redaktur: Wahyu Sakti Awan
Pemerintah Wajib Lindungi Data Pribadi Pengguna Ponsel - Headline

INDOPOS.CO.ID - Kewajiban registrasi ulang pengguna ponsel prabayar harus diikuti tanggung jawab pemerintah untuk melindungi data pribadi warga negara.

Selama 2-3 bulan ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memang telah gencar mensosialisasikan registrasi ulang pengguna ponsel prabayar dengan mendaftarkan nomor NIK dan nomor KK konsumen. Hal itu diatur dalam Peraturan Menkominfo Nomor 14 Tahun 2017 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

"Pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo wajib menjamin data pribadi tersebut tidak disalahgunakan untuk kepentingan apapun. Inilah kekhawatiran masyarakat yang harus dijawab dan dijamin tegas oleh Pemerintah," tegas Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, di Jakarta, Senin ((6/11).

Apalagi, lanjut Anggota Komisi I ini, data pribadi jelas dilindungi undang-undang dan sudah ada Peraturan Pemerintah tentang Perlindungan Data Pribadi warga negara.

"Kalau sampai terjadi penyalahgunaan awas publik akan menuntut pertanggungjawaban Pemerintah dan hal ini merupakan pelanggaran hukum," pungkas Jazuli. (rmn)

Berita Terkait

Nasional / Layanan 4G-LTE Jangkau 97 Persen Populasi Indonesia

Nasional / 2019 Semua Sekolah Terkoneksi Internet

Nasional / Humas Pemerintah Harus Kuasai Teknologi

Nasional / SDPPI Luncurkan 8 Inovasi

Nasional / Kemenkominfo Pacu Layanan Digital


Baca Juga !.