Selasa, 23 Oktober 2018 11:53 WIB
pmk

Nasional

Kolaborasi Internasional Wujudkan Solusi Peduli Bagi Rohingya

Redaktur:

Foto : image

INDOPOS.CO.ID - Konflik yang menimpa Rohingya tidak akan selesai tanpa kontribusi dari negara lain. Salah satu cara yang efektif dan tepat adalah melalui kolaborasi. Lebih dari 30 lembaga kemanusiaan dari 15 negara hadir dalam acara Rohingya Consultation Meeting yang diadakan oleh AFAD (Disaster and Emergency Management Presidency), UNIW (The Union of NGOs of the Islamic World), dan Al Khidmat Foundation di Istanbul, Turki, Selasa (7/11).

Dalam acara ini para peserta berbagi pengalaman dalam memberikan bantuan untuk Rohingya. Upaya ini dilakukan untuk mencari cara terbaik dalam membangun kolaborasi menghadirkan bantuan di lapangan.

Sebagai salah satu peserta Rohingya Consultation Meeting, PKPU Human Initiative berbagi pengalaman dalam memberikan bantuan secara inklusif yang melibatkan banyak pihak di lapangan sejak tahun 2012.

“Bagi kami, bergerak sendiri memang dapat membuat kita cepat, tapi dengan bergerak bersama dapat menghasilkan solusi yang berkelanjutan,” ungkap Presiden PKPU Human Initiative,Agung Notowiguno.

“Konflik kemanusiaan yang menimpa Rohingya menggerakkan kepedulian kita. Saat ini yang perlu dilakukan adalah bergerak bersama. Tidak sekadar  emberikan bantuan yang berdampak singkat, melainkan bersiap menghadirkan solusi ke depan untuk kehidupan yang lebih baik,” tegas Agung dalam pidatonya dihadapan pimpinan lembaga kemanusiaan dari berbagai negara.

Di akhir acara Rohingya Consultation Meeting, seluruh peserta bersepakat untuk melakukan kolaborasi internasional agar dapat saling mendukung, mengurangi kekosongan bantuan, dan menghindari tumpang tindihnya bantuan di lapangan.

PKPU Human Initiative ditunjuk menjadi salah satu anggota komite dari tujuh organisasi yang akan menyiapkan segala hal agar konsorsium ini dapat berjalan dalam dua tahun ke depan. Dari Indonesia, kami datang ke Turki menjadi bagian dari organisasi dunia yang membawa kebaikan untuk sesama manusia. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #rohingya 

Berita Terkait

Solidaritas ”Arrest Me Too” Meluas

Internasional

Desak Bebaskan Dua Wartawan, Warga Rohingya Ikut Demo

Internasional

Junta Militer Myanmar Lakukan Genosida

Militer Myanmar Rencanakan Genosida Muslim Rohingya

Internasional

Terungkap Kesepakatan Rahasia PBB dan Myanmar

Internasional

IKLAN