Nasional

Cegah Perpecahan Bangsa, Kembali ke Pancasila dan UUD’45

Redaktur: Sicilia
Cegah Perpecahan Bangsa, Kembali ke Pancasila dan UUD’45 - Nasional

INDOPOS.CO.ID - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) TNI AD Jenderal TNI Mulyono mengingatkan kepada seluruh warga bangsa untuk terus konsisten mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan Undang Undang (UUD) 1945. Menurutnya, imunitas bangsa yang bermanifestasi dalam Pancasila dan UUD 1945 tersebut telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa sejak dulu.

Hal itu terbukti dapat mempersatukan bangsa Indonesia yang sangat beragam ini. "Kita harus konsisten untuk mengamalkan, jangan mudah diadu domba dan dipecah belah," ungkapnya usai melantik perwira tinggi di sekolah calon perwira (Secapa) di Bandung, Rabu (15/11).

Kasad mengingatkan, secara kultur dan geografis negara Indonesia terdiri dari beragam agama, suku dan pulau-pulau. Dan ini menjadi lahan subur terjadinya intoleransi dan perpecahan.

Selama 350 tahun, lanjut dia, bangsa Indonesia tidak sadar telah diadu domba oleh penjajah. Oleh karena itu, seluruh warga bangsa harus kembali pada kepentingan bersama dan meninggalkan kepentingan kelompok.

"Kalau berpolitik harus mengedepankan kepentingan besar, jangan kepentingan kelompoknya," tandas Kasad. (nas)

TAGS

tni

Berita Terkait


Baca Juga !.