Senin, 17 Desember 2018 02:42 WIB

Jakarta Raya

Alasan Dishub Tolak Modifikasi Transjakarta Rute Ragunan-Monas

Redaktur:

Ilustrasi (Haritsah Almudatsir/Jawa Pos)

INDOPOS.CO.ID - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan mengubah perjalanan untuk rute Ragunan-Monas. Alasannya, rute tersebut menjadi titik kemacetan akibat proyek infrastruktur di Jakarta. Selain itu, perubahan saran dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Namun, perubahan yang rencananya akan mulai diterapkan Senin (20/11) mendatang itu mendapat penolakan dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. Sebab, kajian rute modifikasi harus jelas, dihilangkan atau hanya dikurangi.

"Kalau dimodifikasi kan kita lihat dulu, modikasinya seperti apa. Ada gak reguler yang dihilangkan atau dikurangi kan seperti itu. Jangan sampai masyarakat nanti bingung. Itu yang kita cegah itu," ujar Kepala Dishub DKI Jakarta Andri Yansyah saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Rabu (15/11).

Andri meminta sosialisasi dilakukan dengan baik agar tidak mengecewakan masyarakat yang telah menunggu dan juga untuk mencegah kebingungan masyarakat.

"Di trayek-trayek di busway itu ada pemberitahuan, besok misalnya gitu yang tadinya lewat jalur ini ada sekian bus jadi sekian bus, karena sebagian busnya akan dialihkan," terangnya.

Dia menyarankan, penerapan rute modifikasi sebaiknya ditunda hingga sosialisasi benar-benar sampai kepada masyarakat. Sementara keputusan dan regulasi adalah wewenang Dishub.

"Makanya saya bilang sama TJ nanti dulu, sudah sosialisasi belum? Tapi yang menentukan diterapkan atau kan dari Dishub. Kan TJ operator. Regulator kan kita," tegas Andri.

Terpisah, Humas PT Transjakarta Wibowo mengatakan, pihaknya sudah bersurat kepada Dishub terkait hal tersebut namun belum mendapat balasan.

"Tanggal 10 sudah kirim surat untuk modifikasi jadi yang via Semanggi dialihkan di Antasari dan Tendean koridor 13. Nah, kita belum ada balesan yang kita terima, surat balesan dari Dishub," ujar Bowo saat dihubungi, Rabu (15/11).

Mengenai sosialisasi, Bowo memastikan Transjakarta sudah melakukannya selama seminggu melalui petugas halte, petugas layanan bus, media sosial, dan informasi berita dari media.

"Sosialisasi sudah jalan dari seminggu nih, dari minggu kemarin kita udah kasih tau," pungkasnya.

Sebagai informasi, perubahan layanan Transjakarta Ragunan-Monas via Semanggi akan dimodifikasi menjadi Ragunan-Monas via Antasari. Sementara, rute arah sebaliknya diubah melalui koridor 13 (Ciledug-Tendean).

Berikut halte-halte yang disinggahi untuk rute Ragunan-Monas via Antasari :

- Halte Ragunan
- Halte Deptan
- Halte Bundaran Senayan
- Halte Gelora Bung Karno
- Halte Polda
- Halte Bendungan Hilir
- Halte Karet
- Halte Dukuh Atas 1
- Halte Tosari
- Halte Sarinah
- Halte BI
- Halte Monas

Dan ini halte yang disinggahi untuk rute Monas-Ragunan via Tendean (koridor 13) :

- Halte Monas
- Halte BI
- Halte Sarinah
- Halte Tosari
- Halte Dukuh Atas 1
- Halte Karet
- Halte Bendungan Hilir
- Halte Polda
- Halte Gelora Bung Karno
- Halte Tirtayasa
- Halte Tendean
- Halte Mampang Prapatan
- Halte Duren Tiga
- Halte Imigrasi
- Halte Warung Jati
- Halte Buncit Indah
- Halte Pejaten
- Halte Jati Padang
- Halte SMK 57
- Halte Departemen Pertanian
- Halte Ragunan

(cr3/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dishub-dki #transjakarta #rute-ragunan-monas 

Berita Terkait

Dugaan Aksi Koboi Petugas Transjakarta Dikecam

Jakarta Raya

Dirut Transjakarta Resmi Dicopot

Jakarta Raya

Kecelakaan Transjakarta Capai 44 Kasus

Jakarta Raya

Faktor Human Error Penyebab Kecelakaan Transjakarta

Jakarta Raya

Dishub Tutup Dua U-Turn di Jaksel

Jakarta Raya

IKLAN