Rabu, 14 November 2018 09:17 WIB
pmk

Liga Inggris

Derby London, Sang Profesor Pede

Redaktur:

Arsene Wenger

INDOPOS.CO.ID - Maurico Pochettino menjadi Arsene Wenger sebagai cermin untuk mereleksi diri. Refleksi itu terlihat mulai dari filosofinya kepada pemain muda, sampai dengan loyalitasnya kepada klub. Wenger sudah bertahan 21 tahun di Arsenal.  Kini, Poche bermimpi membangun dinastinya di Tottenham Hotspur untuk dua dekade ke depan.

Nah, pantaskah Poche berkaca kepada Wenger yang karib dengan julukan professor? Itulah yang harus dibuktikan Wenger ke Poche bahwa dia memang layak jadi panutan saat kedua tim terlibat dalam derby London Utara edisi ke-184 di Emirates, London, malam nanti WIB (siaran langsung MNCTV/ beIN Sports 1 pukul 19.30 WIB).

Selama ini, Wenger tak berdaya. Ia selalu tak mampu sekalipun memenangkan duel menghadapi Poche di Premier League. Sejak Poche merasakan derby London Utara musim 2014-2015, Wenger hanya mampu empat kali imbang, dua lainnya tumbang. Dan, tiga hasil imbang di antaranya dia cetak di Emirates.

Dilansir Independent, Wenger berkikrar tak akan kembali tersandung dari tactician yang dari sisi usianya jauh lebih muda darinya. ''Spurs lebih baik dari kami. Tetapi kami pun memiliki kualitas untuk memenangkan laga ini. Kami akan tunjukkan sekarang,'' sebit Wenger saat sesi konferensi persnya di London Colney, Jumat WIB (17/11).

''Di papan klasemen, kami masih berada di bawah Spurs. Di kandang sendiri, kekuatan kami di atas lapangan akan jauh lebih fantastis,'' tambah pelatih yang usianya tertua kedua di antara pelatih-pelatih Premier League. Ia dua tahun lebih muda dari Roy Hodgson. Wenger tampaknya berkaca dari realitas yang terjadi selama ini. Di Emirates, Arsenal tak terkalahkan dalam 17 laga di semua ajang.

Bukan cuma jadi momentum Wenger mendekati empat besar. Memenangkan derby London Utara untuk kali pertama dalam tiga musim terakhir juga bisa menghambat ambisi Poche memenangkan laga ke-100-nya bagi The Lilywhites. Poche hanya perlu tiga musim untuk menang laga ke-100 di semua ajang bagi Spurs.

Sementara, Wenger butuh hampir empat musim untuk mencatatkan prestasi serupa bagi The Gunners. Wenger pun menasehati Poche. Intinya, Poche tak seharusnya terlalu fokus mengejar trofi. ''Karena untuk menyudahi pekerjaan itu selalu sulit,'' klaim pelatih yang berkebangsaan Prancis itu.

Meski unbeaten di Emirates selama Premier League musim ini, faktanya Spurs klub dari top four pertama yang menyambangi Emirates musim ini. Kiper Arsenal Petr Cech pun menilai bahwa hasil dalam derby ini akan jadi tambahan motivasi bagi rekan setimnya. ''Sebab, tekanan seperti ini yang kami perlukan,'' ucap kiper yang tak pernah clean sheet selama menjalani derby London Utara itu.

Poche dilansir Daily Star memuji Wenger. ''Dia sosok pelatih hebat dalam sejarah. Dia berada di level yang sama dengan (Sir Alex) Ferguson. Lima musim di sini (Spurs) saja sepertinya sudah fantastis, apalagi jika sudah berada dalam satu klub selama 20 tahun seperti dia. Itu tentu tidak mudah,'' tutur pelatih kelahiran Murphy, Argentina itu.

Lantas, bagaimana dalam derby London Utara ketujuhnya di Premier League ini? ''Soal ini, saya harus jujur dan terbuka. Walaupun ia kolega saya, ia tetaplah musuh saya sebab dia pelatih Arsenal. Ini emosi yang berbeda ketika kami bertemu dalam sebuah laga derby,'' tambah Poche. (ren)

Perkiraan Pemain

Arsenal (3-4-2-1): 33-Cech (g);6- Koscielny, 4-Mertesacker (c), 18-Monreal; 24-Bellerin, 8-Ramsey, 29-Xhaka, 31-Kolasinac; 11-Oezil, 7-Sanchez; 9-Lacazette

Pelatih: Arsene Wenger

Tottenham (3-5-2): 1-Lloris (g) (c); 15-Dier, 6-Sanchez, 5-Vertonghen; 2-Trippier, 23-Eriksen, 19-Dembele, 20-Alli, 33-Davies; 10-Kane, 7-Son

Pelatih: Mauricio Pochettino

Wasit     : Mike Dean

Stadion: Emirates, London

Live        : MNCTV/ beIN Sports 1 pukul 19.30 WIB


TOPIK BERITA TERKAIT: #arsenal #tottenham-hotspur #liga-inggris 

Berita Terkait

Heemio Dekap 300 ribu Pound per Pekan

Liga Inggris

Poche Tergantung dari Wembley

Total Football

Muncul Friksi dengan Alexis

Liga Inggris

Prediksi Arsenal vs Everton: Trauma The Toffees

Liga Inggris

Prediksi Arsenal vs Everton: Trauma The Toffees

Liga Inggris

Cardiff City vs Manchester City, Ekstra Motivasi dari Aguero

Liga Inggris

IKLAN