Senin, 19 November 2018 06:05 WIB
pmk

Liga Italia

AS Roma vs Lazio, Derby Tingkat Tinggi

Redaktur:

Edin Dzeko

INDOPOS.CO.ID - Selama ini, nasib AS Roma dan Lazio hampir selalu berseberangan. Saat Giallorossi berjaya, performa rival sekota menurun. Begitu pula sebaliknya. Jarang ditemui keduanya selalu bersaing di lima besar tiap musim.

Namun, tren tersebut bisa diputus musim ini. Saat ini, Roma ada di posisi lima sedangkan Biancoceleste setingkat di atasnya. Memang, Serie A musim ini baru masuk giornata ke-13. Bila jal itu terealisasi, maka keduanya meneruskan pencapaian mereka musim lalu, yakni Roma runner up dan Lazio peringkat kelima.

Keduanya memang sama-sama on fire. Daniele De Rossi dkk sukses sapu bersih empat giornata. Namun, Lazio lebih dahsyat dengan selalu menang dalam enam pertandingan terakhir mereka.

''Saya ucapkan selamat kepada Simone Inzaghi. Dia berhasil membuat Lazio menjadi sangat tangguh musim ini,'' ucap allenatore Roma Eusebio Di Francesco kepada La Gazzetta dello Sport. ''Pertandingan (derby, Red) bisa membuat kaki anda bergetar. Bahkan, untuk pemain kami yang siap tampil, bisa saja baru diputuskan H-1 atau beberapa jam sebelum kick off,'' sambung pelatih yang musim lalu membesut Sassuolo itu.

Pernyataan pelatih 48 tahun itu itu merujuk kepada kondisi Radja Nainggolan. Gelandang timnas Belgia itu sangat mungkin absen karena cedera otot. Bahkan, gelandang yang memiliki darah Indonesia itu absen dalam dua ujicoba Belgia terakhir melawan Meksiko (11/11) dan Jepang (15/11) dan diragukan main di derby.

Namun, bukan hanya Roma yang terkendala absennya pilar mereka. Lazio juga mengalami hal sama. Top scorer mereka Ciro Immobile juga bisa absen pada derby dini hari nanti karena ototnya bermasalah. Cedera itu didapat Immobile saat membela Italia melawan Swedia pada playoff Piala Dunia 2018 (14/11). Bahkan, dia sudah absen di latihan rutin Lazio kemarin. Bila striker 27 tahun itu absen, maka akan menjadi kerugian besar bagi Lazio. Sebab, mantan penyerang Borussia Dortmund itu saat ini tengah on fire menjadi cappocanoniere Serie A dengan 14 gol.

Padahal, di lain sisi Roma memiliki Edin Dzeko yang juga menanjak penampilannya. Striker 31 tahun itu sejauh ini sudah mencetak 10 gol dari 15 laga bersama Roma di semua ajang. ''Memang ada sedikit masalah untuk Immobile. Namun, selalu ada harapan dan kami akan memantaunya hingga saat terakhir,'' kata Inzaghi kepada Goal. "Atmosfer derby sudah terasa sejak jadwal Serie A musim ini dirilis. Dan, tugas kami di laga derby adalah memenangkannya lagi,''  ujar bek Stefan Radu.

Lazio memang layak pede. Sebab, di edisi terakhir derby musim lalu, mereka menang 3-1 (30/4) dengan Roma menyandang status tuan rumah. Sama seperti derby dini hari nanti.  "Derby bukan pertandingan biasa. Kami harus menghadapinya dengan agresivitas dan determinasi tinggi sejak awal," lanjut adik dari Filippo Inzaghi itu. "Adalah hal biasa bagi saya bila kami menang. Namun, imbasnya adalah kepercayaan diri tim akan terdongkrak,'' pungkasnya. (io)

Perkiraan Pemain

AS Roma (4-3-3): 1-Alisson (g); 24-Florenzi, 44-Manolas, 20-Fazio, 11-Kolarov; 7-Pellegrini, 16-De Rossi (c), 6-Strootman; 8-Perotti, 9-Dzeko, 92-El Shaarawy

Pelatih: Eusebio Di Francesco

Lazio (3-5-2): 1-Strakosha; 15-Bastos, 3-De Vrij, 26-Radu; 77-Marusic, 16-Parolo, 6-Leiva, 19-Lulic (c), 21-Milinkovic-Savic; 18-Luis Alberto, 17-Immobile

Pelatih: Simone Inzaghi

Wasit: Gianluca Rocchi

Stadion: Olimpico


TOPIK BERITA TERKAIT: #as-roma #lazio #liga-italia 

Berita Terkait

Bukan Striker Bengal

Indosport

Badai Bikin Tuan Rumah Gigit Jari, Genoa 1 vs Napoli 2

Liga Italia

El Faraon Pembeda

Liga Italia

Kontra Juventus, Don Carlo Dibikin Pusing Tujuh Keliling

Liga Italia

Jamu Fiorentina, Inter Siap Kikis Ancaman Trio Terlaris

Liga Italia

Jadwal Lengkap Pekan Keenam Serie A 2018-2019

Liga Italia

IKLAN