Nasional

KPK Tangani Kasus e-KTP, Citra Baik untuk Indonesia di Mata Internasional

Redaktur: Heryanto
KPK Tangani Kasus e-KTP, Citra Baik untuk Indonesia di Mata Internasional - Nasional

INDOPOS.CO.ID - Kasus korupsi yang menjerat Ketua DPR Setya Novanto tengah menjadi sorotan publik. Bukan hanya nasional, beberapa media asing terus mengikuti perkembangan kasus tahap demi tahap ibarat sebuah drama. 

Aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz mengatakan, hal yang wajar jika media asing menyorot kasus ini. Korupsi e-KTP termasuk dalam kasus besar yang melibatkan pejabat negara dan memiliki dampak luas. Namun, sorotan kasus ini secara tidak langsung juga memberikan citra baik terhadap Indonesia.

"Adanya pengungkapan kasus ini menunjukkan bahwa pemberantasan korupsi di Indonesia berjalan secara simultan. Artinya berani menindak para pejabat yang terlibat. Padahal jarang negara berkembang bisa melakukan ini," ucapnya.
 
Donal menjelaskan, kebanyakan kasus korupsi di negara berkembang justru berakhir dengan kompromi. Misalnya kasus korupsi yang ditangani Lembaga Anti-korupsi Arab Saudi pimpinan Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman.

"Mereka meminta 70 persen uang hasil korupsi cukup dikembalikan ke negara. Artinya ending kasus malah sebuah kompromi. Sementara Indonesia terus mengusut kasus korupsi tentu tindakan yang berani," katanya.

Donal menyebutkan, korupsi e-KTP memiliki dampak yang luar biasa luas dan menyeluruh. Selain itu, efeknya pada kerugian negara yang kongkrit. Berbeda dengan kasus korupsi seperti Hambalang yang hanya berdampak pada proses pembangunan saja.

"Tapi kalau e-KTP ini luas. Berdampak ke pemilu, perekonomian, dan perbankan. Korupsi ini menimbulkan ancaman terjadinya kegagalan dalam membangun database daftar pemilih pemilu," tutupnya. (gel)

Berita Terkait

Nasional / Agus Rahardjo Putuskan Tak Calonkan Diri Kembali

Nasional / KPK Sita 12 Kendaraan Abdul Latif

Hukum / KPK Panggil Sekda Kabupaten Tulungagung

Hukum / KPK Periksa Sekjen DPR RI Indra Iskandar

Headline / KPK Panggil Dua Pejabat PLN


Baca Juga !.