Hukum

Periksa Setya Novanto, KPK Tak Bergantung dengan Kondisi Kesehatannya

Redaktur: Wahyu Sakti Awan
Periksa Setya Novanto, KPK Tak Bergantung dengan Kondisi Kesehatannya - Hukum

Setya Novanto. Foto: dok

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tidak akan tergantung atas keterangan Setya Novanto yang cenderung tidak mau menjawab pemeriksaan penyidik KPK karena beralasan sakit.

Hal itu ditegaskan KPK untuk menanggapi pernyataan pengacara Ketua DPR Setya Novanto, Fredrich Yunadi. Fredrich menjelaskan, kliennya belum benar-benar sehat belum bisa dilakukan pemeriksaan sehingga pemeriksaan ditangguhkan.

"Informasi dari penyidik, hari ini SN dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka. Apakah tersangka menjawab atau tidak menjawab itu hak dari tersangka. Karena KPK tentu tidak akan bergantung pada menjawab atau tidak menjawabnya tersangka dalam proses pembuktian," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK,  Selasa (21/11)

Febri menekankan, sebaiknya tersangka atau pihak-pihak yang diperiksa KPK mau terbuka dengan penyidik KPK. Karena, dengan keterbukaan itu dapat lebih baik untuk kepentingan tersangka atau untuk kepentingan penanganan perkara.

"Yang pasti kami sudah mendapatkan hasil pemeriksaan dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia) bahwa yang bersangkutan sudah bisa dilakukan proses pemeriksaan. Sudah ada hasil dari RSCM," tegas Febri.

Pengacara Novanto,  Fredrich Yunadi mengatakan, kliennya merasa belum merasa betul-betul sehat.

"Fisiknya lemah, jadi belum bisa diperiksa. Dengan demikian pemeriksaan yang kedua ini ditangguhkan menunggu kondisi beliau makin sehat," kata Fredrich.

Fredrich menjelaskan, meskipun dokter menyatakan Novanto sehat, bukan berarti memang Novanto benar-benar sehat. Menurut dia, dokter hanya menilai secara subjektif.

"Yang merasakan itu kan yang bersangkutan. Kalau Anda sakit kepala, alat tercanggih apapun di dunia ini kan gak bisa jelaskan. Tapi kan Anda punya rasa kan kalau sakit kepala," pungkasnya. (nug)

Berita Terkait

Headline / Gubernur Aceh Divonis 7 Tahun

Hukum / Rommy Curhat soal Fasilitas Rutan hingga Buku Yoga

Hukum / Ketua KPK Punya Harapan di Bulan Suci Ramadan

Hukum / KPK Perpanjang Penahanan Bowo Sidik Pangarso

Hukum / KPK dan Kemenkumham Bahas Penyempurnaan UU Parpol

Nasional / KPK Panggil Sofyan Basir sebagai Tersangka


Baca Juga !.