Nasional

Presiden akan Disambut sebagai Raja di Pesta Adat Putrinya

Redaktur: Nurhayat
Presiden akan Disambut sebagai Raja di Pesta Adat Putrinya - Nasional

Presiden RI, Joko Widodo

INDOPOS.CO.ID - Kedatangan Presiden RI, Joko Widodo ke acara adat pernikahan Bobby Afif Nasution-Kahiyang Ayu pada Sabtu (25/11) pagi, bukan sebagai Mora.

Orang Nomor 1 di Indonesia itu datang sebagai Raja. Hal itu dikatakan Raja Panusunan, H Pandapotan Nasution..

"Pak Jokowi datang ke Horja, bukan sebagai Mora, tapi sebagai Raja. Kalau Mora, sudah datang kemarin dengan membawa Indahan Tomporobu karena sebenarnya Mora itu berpantang datang kepada Horja," ujar Pandapotan.

Karena datang sebagai Raja, dikatakan Pandapotan, Presiden disambut dengan upacara kebesaran. Begitu turun, disebut Pandapotan, Presiden disambut gordang sambilan.

Selanjutnya disuguhkan sirih. Setelah itu, disebutnya Presiden dibawa ke gelanggang acara untuk diulosi oleh Raja-Raja, diteruskan menortor bersama.

"Pak Jokowi menortor di situ besok. Ibu juga menortor. Kemudian mereka berdua duduk di tempat yang sudah disiapkan," sambung Pandapotan.

Setelah Presiden dan Ibu Negara duduk, dikatakan Pandapotan dilakukan prosesi pengantin menuju Tapian Raya Namartua. Dikatakannya, untuk prosesi itu, Presiden dapat menyaksikan melalui layar kaca.

Namun, kalau Presiden ingin ikut, dikatakan Pandapotan akan dilihat bagaimana prosesinya. Dijelaskannya, Tapian Raya Namartua, adalah acara Marpangir, yakni menghanyutkan masa remaja.

"Saat menuju Tapian Raya Namartua, nanti di bagiab depan pembuka jalan, kemudian Panjunjung Pangir, kemudian Kahiyang lalu Bobby. Sementara ketika pulang, Kahiyang dan Bobby di depan karena mereka sudah menjadi orangtua. Digiring sampai ke gelanggang untuk ditabalkan gelar adat dengan cara mengulosi. Agar gelar adat berkat, dilakukan upah-upah oleh Datuk Pangupah. Setelah itu, acara Ajar Poda, yakni nasihat upacara perkawinan, lalu ditutup dengan kata Horas 3 kali dan manyoda gondang, tanda gondang tidak lagi boleh dibunyikan," tandasnya. (rmn/jpg)

Berita Terkait

Nasional / Presiden Restui Pabrik Ban Berdiri di Sumsel

Nasional / PKH Lahirkan Generasi Muda yang Kompetitif

Nasional / Ini Diskusi Santai Pekerja Perkebunan dengan Presiden

Banten Raya / Presiden Apresiasi Program Tagana Masuk Sekolah


Baca Juga !.