Investor Asing Selamatkan Muka Indeks

Redaktur: Wahyu Sakti Awan
Investor Asing Selamatkan Muka Indeks -

ILUSTRASI. Foto: toni suhartono/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menyudahi perdagangan pekan ini di area positif. Indeks sukses parkir di zona hijau setelah menguat cukup minimalis 3,9 poin (0,06 persen) menjadi 6.067. Apresiasi Indeks itu juga terjadi menjelang penutupan perdagangan.

Penguatan tipis Indeks itu dengan didukung empat sektor. Enam sektor lainnya tertekan. Sektor aneka industri paling berjasa mengantarkan Indeks bertahan di zona positif. Itu setelah menajak 12,17 poin (0,86 persen) ke posisi 1422,43.

Saham-saham sektor aneka industri mengalami kenaikan paling tinggi berdasarkan presentase meliputi Gajah Tungga (GJTL) naik 65 poin (9,5 persen) ke level Rp 750, Polychem Indonesia (ADMG) naik 22 poin (8,4 persen) menjadi Rp 284, dan Indomobil Sukses International (IMAS) surplus 25 poin (2,7 persen) ke posisi Rp 950 per lembar.

Sepanjang perdagangan, pemodal melakukan transaksi 328.198 kali dengan volume 110,2 juta lot senilai Rp 6,368 triliun. Pada pasar reguler terjadi transaksi sebesar Rp 4,258 triliun dengan volume 57,2 juta lot dan pasar negosiasi terjadi transaksi sejumlah Rp 2,107 triliun dengan volume 53  juta lot.

Investor manca negara melakukan aksi beli Rp 2,226 triliun dengan volume 30,6 juta lot saham dan aksi jual Rp 1,584 triliun dengan volume 10,2 juta lot saham. Sehingga asing tercatat beli bersih Rp 676,3 miliar. ”Pola gerak Indeks masih menunggu momentum untuk kembali mencetak rekor baru,” tutur Vice President Research Department, William Surya Wijaya.

William melanjutkan, konsolidasi lebih bersifat membentuk pondasi support level baru. Dengan begitu, akan lebih kuat menopang saat terjadi tekanan jual. Kalau terjadi koreksi, masih ada peluang melakukan akumulasi beli dengan pola investasi jangka panjang. ”Jadi, potensi Indeks menguat dalam jangka panjang masih sangat terbuka,” ulasnya. (far)

Baca Juga


Berita Terkait

Ekonomi / IHSG Masih Menguat, Rupiah Justru Melemah

Headline / IHSG Diprediksi Sulit ke Teritori Positif

Headline / IHSG dan Rupiah Dibuka Menguat

Ekonomi / Akhir Pekan Wall Street Ditutup Melemah

Headline / Saham dan Rupiah Staknan

Ekonomi / Rupiah dan IHSG Masih Menguat 


Baca Juga !.