Nusantara

Banjir Pacitan, Dua Warga yang Hanyut Masih dalam Pencarian

Redaktur: Wahyu Sakti Awan
Banjir Pacitan, Dua Warga yang Hanyut Masih dalam Pencarian - Nusantara

EVAKUASI: Warga Paranggumpito, Jawa Tengah berusaha menyelamatkan barang berharga milik mereka karena banjir yang melanda wilayah itu. Foto: Istimewa/Radar Solo

INDOPOS.CO.ID-Banjir bandang dan tanah longsor melanda Pacitan, Jawa Timur membuat kota itu terisolasi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyatakan sekitar 26 desa di lima kecamatan terdampak.

Paling parah terjadi Desa Purwoasri, Kayen, Kebonagung, Sukoharjo (Kebonagung), Desa Sirnoboyo, Kembang, Arjowinangun (Pacitan), serta Desa Arjosari, Sedayu, Jatimalang, dan Tremas (Arjosari).

Sejumlah ruas jalan protokol di Pacitan kota juga terendam. Di antaranya Jalan Ahmad Yani, Kyai Ageng Petung, HOS Tjokroaminoto, Jalur Lintas Selatan (JLS) dan seputar alun-alun.

Pusat data dan informasi BPBD mencatat, sampai malam ini rentetan bencana banjir telah menelan seorang korban jiwa dan merendam ribuan rumah warga. Korban tewas adalah Martin yang terseret arus banjir di Desa Kayen, Kecamatan Kebonagung. 

Korban diperkirkan masih bisa bertambah.  BPBD masih mencari keberadaan dua warga Desa Kayen lainnya yang hanyut terbawa banjir bandang.

Pagi, tiga warga sempat dilaporkan hilang di Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan. Namun, belakangan mereka ditemukan selamat setelah ditolong warga dengan perahu nelayan.

Selain karena hujan deras, banjir yang menggenangi rumah warga juga akibat jebolnya tanggul Sungai Njelok dan Sungai Telu. Bahkan, desa terdampak banjir diprediksi bisa meluas seiring makin meningkatnya debit dan volume air Sungai Grindulu.

Pantauan di lokasi, debit dan volume air sungai terbesar di Pacitan itu sudah diambang batas tanggul. Kondisi itu membuat masyarakat yang bermukim di dekat tanggul waswas. Mereka khawatir meluapnya Sungai Grindulu makin memperparah kondisi. (her/sat/JPG)

Berita Terkait

Headline / 74 Korban Hilang, 84 Orang Tewas

Nusantara / Banjir Bandang di Tanah Blambangan

Nusantara / Korban Bencana Pacitan bertambah menjadi 20 Orang

Nusantara / Terjebak Banjir, Pilih Putar Balik

Nusantara / Banjir, Akses ke Gunungkidul Lumpuh Total


Baca Juga !.