Nasional

Amankan Aksi 212, Polda Kerahkan Puluhan Ribu Personel

Redaktur:
Amankan Aksi 212, Polda Kerahkan Puluhan Ribu Personel  - Nasional

INDOPOS.CO.ID - KEPOLISIAN Polda Metro Jaya siap memberi pengamanan jalannya aksi Reuni Akbar Aksi Bela Islam 212 yang akan digelar sepanjang Sabtu (2/12) di kawasan Silang Monas, Jakarta Pusat. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya akan menurunkan puluhan ribu personelnya. Puluhan ribu personel gabungan yang akan diturunkan itu terdiri dari personil Brimob Polri yang didatangkan juga dari Polda di luar Pulau Jawa, Pasukan Sabhara, Reserse, dan Polantas agar aksi berjalan lancar.

"Jumlah personel yang akan diturunkan untuk pengamanannya puluhan ribu. Namun yang terpenting dan paling utama bahwa kita mengamankan kegiatan masyarakat.  Ini sudah menjadi kewajiban kepolisian untuk mengamankannya sampai selesai," terang Argo di Mapolda Metro Jaya, Jumat (1/12).

Sayangnya, Argo enggan merinci detail pasukan yang akan disiapkan. Ia hanya menjelaskan, setiap aksi yang sudah mendapatkan izin, tentu akan mendapatkan penjagaan dari pihak kepolisian supaya acara berjalan tertib dan lancar.

“Untuk pengamanan (reuni) 212 sudah kami rencanakan penjagaannya mulai dari titik kumpul di masjid, penjagaan di perjalanan (peserta reuni) menuju ke Monas. Semua anggota sudah kami siapkan. Semua yang akan dilaksanakan dan sudah sesuai ijin pasti kami amankan, mau ke mana juga kami amankan. Yang jelas kegiatan seperti di Monas atau di tempat lain menjadi domain pengamanan dari Polda Metro Jaya," terang Argo.

Ia melanjutkan, selain melakukan pengamanan terhadap massa yang hadir, pihaknya juga akan memberlakukan sistem pengalihan arus lalu lintas di sekitaran wilayah Silang Monas agar tidak terjadi kemacetan.

“Kami juga akan melakukan pengaturan lalu lintas sesuai situasi di lapangan. Jadi bersifat situasional saja seandainya kami melakukan pengalihan arus, maupun penutupan jalan atau contra flow. Kami lakukan itu namun tergantung situasi di lapangan,” terang Argo.

Ia berharap berharap agar massa yang hadir  bisa menjaga keamanan dan ketertiban bersama, seperti Aksi 212 tahun lalu. Reuni Aksi Bela Islam 212 itu sendiri rencananya akan digelar mulai dari salat subuh berjamaah di kawasan Silang Monas hingga akhir acara pada saat dzuhur tengah hari. Acara ini dipastikan akan kembali menyedot animo umat Muslim dari berbagai daerah, khususnya warga Jabodetabek dan Jawa Barat.

Sementara, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menjelaskan, pihaknya akan melakukan rekayasa lalulintas di seputaran Silang Monas Jakarta Pusat mulai Jumat malam (1/12) hingga Sabtu petang (2/12).

"Rekayasa lalulintas dalam bentuk alih arus akan dimulai Jumat malam ini (tadi malam) pukul 23.00 WIB. Arus lalulintas yang mengarah ke Jalan Merdeka Barat dan Jalan Merdeka Utara akan dialihkan," jelas Budiyanto di Mapolda Metro Jaya, Jumat (1/12).

Hal senada disampaikan Dirlantas Polda Metro Jaya Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra. Ia mengatakan pengalihan arus akan dilakukan sesuai kebutuhan di lapangan. Namun pola buka tutup ruas jalan sementara ini belum masuk rencana mereka. Untuk lokasi parkir dipastikan di lokasi parkiran Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) Monas.

Ditambahkan, untuk mengurangi kemacetan di sekitaran Monas lantaran acara tersebut, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan pihak panitia penyelenggara aksi. Selain itu, Halim juga telah melakukan koordinasi dengan pihak IRTI. "Jadi parkir ke IRTI Monas untuk kendaraan roda duanya (motor) pertama kita full-kan dulu di sana. Kalau tidak muat, baru ke dalam Monas," tandasnya. (ind)

Berita Terkait

Politik / Prabowo Menang, Reuni 212 di Istana

Politik / Prabowo Sebut Media Kondang Jadi Antek

Nasional / Kehadiran Prabowo di Reuni Alumni 212, Diklaim Tak Ada Unsur Politik

Indotainment / Hadiri Reuni 212, Limbad Ngaku Senang Umat Islam Bersatu 


Baca Juga !.