Minggu, 25 Februari 2018 06:21 WIB
Citra indah

Kuliner

Variatif dengan Konsep Kekinian Best Western Mangga Dua Manjakan Pelanggan

Redaktur:

INOVATIF: Executive Chef Best Western Mangga Dua, Memet Aryanto, menunjukan salah satu menu Best Western Mangga Dua Hotel and Residence.

INDOPOS.CO.ID - Fenomena zaman now mewabah. Tak hanya bagi kalangan remaja dalam berpenampilan maupun pola pikir. Fenomena ini seakan menyebar kesejumlah lini, termasuk bisnis.

Ya, peluang ini seakan menjadi satu branding menarik mendapatkan hati mereka yang memposisikan diri di zaman now. Salah satunya, Best Western Mangga Dua Hotel and Residence.

Hotel yang berada di di Jalan Mangga Dua Abdad No.111, Jakarta Pusat terus memanjakan pelanggannya dengan beragam sentuhan yang menarik dengan pelayanan yang terbaik. Tak sekedar urusan istirahat, namun urusan perut pun menjadi prioritas menarik.

Nah, indopos mendapat kesempatan untuk merasakan menu menarik hasil oleh chef Best Western Mangga Dua Hotel and Residence. Bukan hanya menu utama, namun semua hidangan dari awal hingga penutup menjadi satu pengalaman yang luar biasa.

Menu tersebut diantaranya Cheese Union Ring, Salmon, Shrimp, Fried Oxtail, Baked Alaska, hingga yang unik Salad Ubur-Ubur.

Executive Chef Best Western Mangga Dua, Memet Aryanto menyajikannya secara khusus menu-menu tersebut, Kamis (7/12).

"Di antara menu itu, Baked Alaska paling andalan," kata Memet Aryanto, Executive Chef Best Western Mangga Dua mengawali perbincangan.

Baked Alaska adalah menu penutup, Hidangan ini terbuat dari es krim yang dilapisi dengan bolu spons atau puding natal dan ditutup dengan meringue (buih telur). Meringue sendiri memiliki dua bahan dasar yaitu putih telur dan gula yang dikocok sampai kaku.

Kue ini lalu dipanggang di dalam oven yang sangat panas dalam waktu singkat agar buih telur mengeras seperti kue busa. ”Kocokan putih telur dan gula berfungsi sebagai insulator, sehingga pemanggangan dalam waktu singkat tidak akan sampai melumerkan es krim,” jelasnya.

Meski namanya Baked Alaska, dessert ini bukan berasal dari Amerika Serikat loh. Tetapi berasal dari Prancis. Baked Alaska disajikan secara unik.

Baked Alaska sendiri diletakkan di atas piring lalu dituangi cairan rum berapi yang didiamkan selama beberapa detik hingga warna meringue kecokelatan. Es krim didalamnya ada beberapa pilihan rasa antara lain vanilla dan cokelat. ”Baked Alaskan menjadi hidangan penutup yang pas setelah menikmati fried oxtail dan pan fried salmon,” katanya

Menu Laut jadi Menu Utama

Kalau tiga menu pertama tadi adalah makanan pembuka, Pan Fried Salmon menjadi makananan utama di Best Western Mangga Dua. Ikan salmon sangat diminati karena kandungan omeganya.

        Salmon

Asam lemak omega-3 pada salmon adalah salah satu nutrisi yang menunjang kesehatan fungsi otak. Apalagi jika dimasak dengan baik tentu menjadi menu yang tak boleh diabaikan.

Sesuai namanya, Pan Fried Salmon dimasak dengan cara digoreng dengan sedikit minyak dan di atas penggorengan anti lengket.

Ikan salmon ini sebelumnya telah dilumuri bumbu. Kemudian dimasak sampai matang. ”Memasaknya tidak sampai kering sehingga dagingnya tetap lembut,” ujar Chef Memet.

Pan Fried Salmon disajikan dengan lemon butter, mashed potatoes, dan potongan-potongan sayuran. Aroma Pan Fried Salmon yang khas menggoda selera. Jadi tak sabar untuk mencicipinya. Dagingnya benar-benar empuk. Sementara kulitnya begitu crispy. Perpaduan yang unik sehingga Pan Fried Salmon pantas untuk dinikmati.

Fried Oxtail

Tak hanya hidangan laut yang unik, di Best Western juga ada menu daging yakni Fried Oxtail. Kalau Anda sudah biasa mendengar atau menikmati sop buntut, pasti bisa juga menikmati Fried Oxtail. Ini adalah varian dari olahan buntut.

Hanya saja buntut ini digoreng. Namun sebelumnya, buntut yang telah dibumbui dimasak hingga dagingnya benar-benar empuk. Fried Oxtail ini kemudian disajikan dengan siraman brown sauce di atasnya sehingga tampak menggoda.

Brown sauce ini adalah basic sauce yang biasa digunakan untuk dressing pada hidangan chicken steak atau beef steak dan ayam kodok.

”Melengkapi hidangan Fried Oxtail itu, ada wortel rebus dan nasi putih,” katanya.

3 Varian Menu Pembuka

Bagi pecinta hidangan laut, ubur-ubur tentu bukan varian asing. Meski dikenal menyengat dan berbahaya, hewan laut yang satu ini justru makanan yang lezat bila diolah dengan tepat. Di tangan Chef Memet, ubur-ubur disuguhkan menjadi sebuah salad.

                 Salad Ubur-Ubur

Ubur-ubur yang digunakan adalah ubur-ubur pilihan yang memiliki ukuran besar. Jadi tentu saja memiliki daging banyak itu diolah dengan bumbu sederhana.

Bumbu seperti bawang putih, vinegar, saus tiram, garam, serta lada putih digunakan sebagai penyedap untuk menonjolkan rasa yang khas pada Salad Ubur-Ubur. Ubur-ubur tak sendirian. Ada bahan salad lainnya seperti wortel, timun, paprika, dan daun combrang.

Semua bahan itu dipotong-potong kecil dan memanjang seperti lidi. Lalu dicampur dan disajikan dalam martini glass (gelas berkaki jenjang untuk martini). Sajian itu dilengkapi dengan saus Thai yang rasanya manis-manis asam.

                                 Shrimp

”Perpaduan salad yang segar dan saus Thai membuat rasa Salad Ubur-Ubur layak untuk dinikmati jika datang ke Best Western Mangga Dua,” jelasnya.

Selain menu Ubur-Ubur bagi Anda benar-benar pecinta hidangan laut, ada menu lainnya yang pantas dicoba di Best Western Mangga Dua. Shrimp namanya. Menu ini hampir sama dengan Salad Ubur-Ubur.

Ada saladnya dan dilengkapi saus Thai. “Saladnya itu sama saja dengan yang ada di Salad Ubur-Ubur,” ucap dia.

Penyajiannya juga hampir sama. Disajikan dalam martini glass. Bedanya hanya pada penambahan udang kupas. Salad di bagian dasar gelas dan udang di bagian atasnya. Jadi seolah-olah menjadi topping. Namun udang adalah unsur utama menu ini.

Dan yang terakhir ada Cheese Union Ring. Meski termasuk menu yang umum, Cheese Union Ring ini relatif berbeda dari kebanyakan union ring yang ditemukan di restauran lainnya. Keju itulah pembedanya. Cheese Union Ring ini terbuat dari bahan utama yaitu bawang bombay dan keju.

                           Cheese Union Ring

Bawang bombay yang telah dipotong sehingga berbentuk cincin diberi isi keju mozarella. Lalu dilapis lagi dengan potongan bawang bombay sehingga menutup keju yang berada dibagian dalam. Kemudian digoreng. Selanjutnya Cheese Union Ring disajikan bertumpuk dalam piring dan dilengkapi cocolan berupa saus thausand island dan saus tartar. Perpaduan bawang bombay, kejua mozarella, dan dua jenis saus berbeda membuat Cheese Union Ring Best Western Mangga Dua terasa nikmat.

“Kejua mozzarella yang membuatnya semakin terasa nikmat,” tegas Chef Memet.

Makin Segar dengan Kehadiran Blue and White

Sesuai namanya, minuman ini memang berwarna biru dan putih. Jadi minuman ini terdiri dari dua bagian yang disatukan dalam gelas. Warna biru didapat dari campuran blue curacao non alkohol dan simple syrup, ditambah air. Lalu diblender dengan es batu. Sementara warna putih diperoleh dari fresh milk, es krim vanila, dan simple syrup yang diblender dengan es.

“Jadi ada dua minuman yang dibuat satu per satu, lalu disatukan,” jelasnya.

Saat disajikan, minuman berwana biru muda mengisi setengah bagian bawah gelas. Sementara minuman berwarna putih berada di bagian atas hingga mendekati mulut gelas. Kemudian diberi topping latte cream. Namun jika dibiarkan lama atau diaduk, warna minuman akan berangsur berubah menjadi biru pucat. Rasanya tidak terlalu manis sehingga tidak membuat eneg dan mengakhiri santapan dengan enak. (uma)


TOPIK BERITA TERKAIT: #Kuliner 

Berita Terkait

Nikmati Makanan Dengan Suasana Geladak Kapal

Kuliner

Santap Yu Sheng Disini Yuk

Kuliner

30 Dim Sum Temani Imlek

Kuliner

Menikmati Kuliner Eropa Sambil Main Musik

Kuliner

IKLAN