Sabtu, 17 November 2018 08:30 WIB
pmk

Kesehatan

Wow! 5 Makanan Berlemak Ini Justru Bisa Turunkan Berat Badanmu loh

Redaktur:

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Banyak orang menghindari konsumsi makanan berlemak untuk menurunkan berat badan dengan. Namun, sebenarnya menghindari lemak dapat membahayakan tubuh dan tidak akan membantu proses penurunan berat badan. Sebuah penelitian menemukan bukti bahwa makanan berlemak justru dapat membantu seseorang menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Lemak adalah satu dari tiga makronutrisi yang penting untuk menopang kehidupan yang sehat. Lemak membantu mengembangkan lapisan pelindung saraf. Jaringan manusia terdiri dari lemak, sehingga mengesampingkan lemak dari makanan tidak akan pernah menjadi ide bagus.

Penelitian dilakukan oleh peneliti di Universitas Washington di St. Louis U.S. Para periset mengaktifkan jalur Hedgehog di sel lemak pada tikus dan memberi mereka makanan berlemak tinggi tanpa membuat mereka kelebihan berat badan.

Karena itu menghindari makanan berlemak justru tak baik untuk tubuh. Asalkan, pilihlah lemak yang baik bukan lemak jenuh yang bisa memicu kolesterol jahat di dalam tubuh. Boldsky, Minggu (10/12) menyebutkan lima makanan yang mengandung lemak tinggi yang bisa menurunkan berat badan.

1. Alpukat
Alpukat penuh dengan lemak. Tapi lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat. Alpukat kaya kandungan serat dan potassium dan membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.

2. Cokelat Hitam
Cokelat hitam kaya lemak baik dan mengandung kalori. Namun karena sifat antioksidannya, cokelat hitam menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah terbatas bisa memperbaiki ingatan.

3. Kacang
Kacang kaya serat, protein, vitamin E dan mineral penting lainnya. Mengonsumsi kacang secara teratur bisa mencegah diabetes dan obesitas.

4. Biji Chia
Biji Chia kaya asam lemak omega-3 yang sehat bagi jantung. Dikenal dengan sifat anti-inflamasinya, mengonsumsi biji chia menurunkan tekanan darah dan bagus untuk jantung.

5. Minyak Zaitun
Minyak zaitun extra virgin mengandung lemak baik seperti asam oleat. Selain itu, juga mengandung vitamin E dan K, dan mengandung antioksidan kuat. Bisa melawan peradangan, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Jangan Biarkan Kanker Meredupkan Mimpi

Jakarta Raya

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

Dehidrasi Sebabkan Batu Ginjal

Jakarta Raya

IKLAN