Hukum

Setnov Batuk-batuk Jawab Pertanyaan Hakim

Redaktur: Redjo Prahananda
Setnov Batuk-batuk Jawab Pertanyaan Hakim - Hukum

Setya Novanto

INDOPOS.CO.ID - Majelis Hakim sempat dua menskorsing sidang perdana Setya Novanto dua kali. Setnov mengeluh sakit dan lebih banyak diam dalam persidangan. Sesekali, dia batuk.

Pantauan di dalam ruang sidang, Setnov berulang kali batuk. Bahkan, Setnov harus mendapat bantuan untuk berdiri. Tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terus berada di samping Setnov selama persidangan di Pengadilan Tipikor, Rabu, (13/12).

Hakim Ketua bahkan harus mengulang-ulang pertanyaan. Bahkan, pertanyaan pembenaran nama, tempat lahir, pekerjaan, sampai alamat tempat tinggal . Namun, respon Setnov terkadang menjawab dengan suara tidak jelas dan terus tertunduk.

“Saya tanyakan lagi, apakah nama saudara Setya Novanto? Umur 62 tahun? Lahir di Bandung, 12 November 1955? Pekerjaan Ketua DPR?," tanya Hakim Ketua Yanto.

Berselang beberapa menit kemudian, Setnov mengeluarkan suara di depan Majelis Hakim.

“Saya masih sakit mulia,” kata Setnov dengan pelan diselingi batuk berkali-kali.

Jaksa penuntut umum KPK, Irene spontan mengatakan, kalau tadi saat diskors Setnov sehat. Bisa makan bahkan berkomunikasi dengan tim dokter.

"Tadi sehat, yang mulia, " kata Irene.

Melihat Novanto cuma membisu. Majelis hakim kembali menskorsing sidang untuk bermusyawarah.

Bukan cuma batuk, Setnov juga mengeluh terkena diare, bahkan dia sampai 20 kali bolak-balik ke toilet. Namun keterangan Setnov ini bertolak belakang dengan laporan petugas jaga.

Menurut pengakuan petugas jaga, Setnov masuk ke toilet hanya dua kali pukul 23.00 dan 2.30 WIB, Selasa, (12/12) kemarin. “Cuma dua kali dan tidur dari pukul 8 malam dan sampai tadi pagi.” (nug)

Berita Terkait

Nusantara / Setya Novanto Sempat Memohon ke Kalapas Bangun Gazebo

Headline / Basir Minta Jatahnya Dibagi Tiga

Headline / Eni Beberkan Aliran Dana ke Munaslub Golkar

Hukum / Ini Aliran Uang e-KTP yang Jadi Bancakan


Baca Juga !.