Sabtu, 22 September 2018 02:56 WIB
pmk

Tekno

Inilah Smartphone yang Tiru Desain dan Inovasi iPhone X, Mirip Banget!

Redaktur:

iPhone X (Apple)

INDOPOS.CO.ID – Kehadiran iPhone X tampaknya berhasil mencuri perhatian. Bukan hanya bagi pecinta gadget buatan Apple, namun juga pabrikan smartphone lain.

Sejak pertama kali diluncurkan di negara asalnya Amerika Serikat pada 12 September lalu, smartphone flagship dari Apple itu memang mencuri perhatian, tak terkecuali pabrikan smartphone lain. Seperti JawaPos rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/12), berikut beberapa ponsel yang memiliki desain mirip dengan iPhone X.

Leagoo

Smartphone Leagoo

Leagoo mirip iPhone X (Phone Arena)

 

Pabrikan asal Tiongkok, Leagoo, meniru desain iPhone X hampir tanpa celah untuk smartphone Android besutannya Leagoo S9. Bedanya, pada perangkat tersebut Leagoo menghadirkan pemindai sidik jari yang dihilangkan pada iPhone X.

Sebagai mana JawaPos.com kutip dari Phone Arena, Leagoo merupakan produsen smartphone lokal Tiongkok. Dijelaskan, smartphone yang bentuknya mirip sekali dengan iPhone X hanya akan dijual di Tiongkok setelah resmi dirilis tanggal 12 Desember 2017, namun smartphone tersebut masih dalam tahap finalisasi.

Penampilan fisik Leagoo S9 awalnya diduga menyerupai smartphone Samsung dengan desain layar egde. Namun karena biaya produksinya lebih mahal dibandingkan yang diperkirakan oleh Leagoo, perusahaan lebih memilih tampilan iPhone X.

Sejauh ini, tidak ada data spesifikasi Leagoo S9 yang dibagikan. Informasi yang beredar hanya layar Leagoo S9 memiliki ukuran 5,8 inci dengan aspek rasio 19,5:9. Untuk pemindai sidik jari ditempatkan dibelakang bodi, tempat dimana Apple meletakkan logo buah apel.

Gionee

Gionee S10

Gionee S10 (Android Authority)

 

Gionee merupakan brand yang berbasis di Shenzhen, Tiongkok, yaitu Gionee S10. Produk ini telah meluncurkan berbagai smartphone layar penuh, dari model premium hingga entry level. Smartphone ini bersaing dengan handset tanpa panel dari Apple, Samsung, Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi.

Pabrik ponsel Gionee telah menantang Apple dan merek saingannya dengan merilis varian smartphone layar penuh. Harga termurah dijual seharga sepersepuluh dari harga iPhone X. Gionee yang berbasis di Shenzhen ini mewakili merek elektronik Tiongkok terbaru untuk merebut pasar Apple.

Gionee yang menjual 40 juta smartphone di seluruh dunia tahun lalu, juga mengancam posisi pemimpin besar merek smartphone terlaris Tiongkok, seperti Huawei Technologies, Oppo, Vivo, dan Xiaomi.

Oppo R13

Oppo R13

Oppo R13 (leaked image by Youtube)

 

Pabrikan dari kota Dongguan, Tiongkok ini beberapa waktu lalu mengajukan paten yang menarik, yakni sebuah smartphone dengan ‘poni’ di bagian atas layar serupa dengan iPhone X.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman AndroidHeadlines, Oppo R13 tidak memiliki tombol home ataupun pemindai sidik jari. Oppo R13 dalam bocoran foto mungkin mengandalkan input berbasis gestur gerakan jari dan fitur sekuriti berupa pemindai wajah, lagi-lagi mirip iPhone X.

Tubuh Oppo R13 disebut terbuat dari bahan logam serta bakal tersedia dalam pilihan warna hitam, abu-abu, dan putih. Meski demikian, perlu ditambahkan bahwa foto bocoran ini belum tentu benar karena pihak Oppo sendiri masih belum memberikan keterangan resmi mengenai keberadaan R13.

Huawei P11

Huawei P11

Huawei P11 (theandroid soul)

 

Terakhir, ponsel mirip iPhone X adalah Huawei P11. Seperti yang sudah diketahui, pada bagian depan iPhone X. memang tidak sepenuhnya dipenuhi oleh layar sebagaimana layaknya smartphone dengan desain bezel tipis. Detail lain ada yang mengkonfirmasikan adanya kabar dari layar Huawei P11 yang menurut laporan terbaru akan mengusung desain yang hampir sama.

Hal tersebut terungkap dari beberapa bocoran informasi di file XDA-Developers yang menyebutkan bahwa mereka telah menemukan bukti dalam file firmware Huawei resmi dalam bentuk gambar overlay yang didefinisikan sebagai ‘Round CornerDisplay’.

Berdasarkan pantauan JawaPos.com dari laman TheAndroidSoul, Minggu (17/12), pada bagian layarnya, Huawei P11 akan mengusung diagonal seluas 6.01 inci dengan resolusi sebesar 2.160 x 1080 pixel. Lebih menariknya ada juga animasi booting yang meninjukkan resolusi layarnya sebesar 2.244 x 1080 pixel. Perbedaan resolusi layar tersebut tentu menimbulkan spekulasi mengenai kemungkinan besar Huawei akan memperkenalkan P11 dengan desain layar takik yang sudah terlebih dahulu diterapkan pada iPhone X.

Itulah beberapa ponsel yang dikabarkan akan mengusung bentuk mirip dengan iPhone X. Bagaimanapun juga, pabrikan yang eksis dengan logo buah apel tergigit itu memang menginspirasi pabrikan lain urusan desain ponselnya. Bagi anda yang berkantong tipis, namun ingin bergaya dengan ponsel ‘mirip’ iPhone X, sepertinya rangkuman diatas cocok untuk Anda.(ryn/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #iphone-x #smartphone #iphone 

Berita Terkait

IKLAN