Rabu, 26 September 2018 02:30 WIB
pmk

Kesehatan

Yuk, Gemar Makan Buah dan Sayur

Redaktur: Novita Amelilawaty

INDOPOS.CO.ID - Indonesia termasuk negara dengan penduduk yang tingkat konsumsi buah dan sayurnya rendah. Padahal, konsumsi buah dan sayur merupakan asupan yang penting dalam konsumsi makanan sehari-hari dari setiap individu untuk hidup sehat dengan gizi seimbang.

Masih rendahnya tingkat konsumsi buah dan sayur di masyarakat Indonesia diakibatkan anggapan bahwa buah dan sayur bukan prioritas yang harus ada dalam setiap menu makanan dan masih dianggap sebagai pelengkap makan sehingga tidak dikonsumsi secara teratur.

Berdasarkan data analisis lanjut Survei Konsumsi Makanan lndividu (SKMI, 2014) sebesar 97,1 persen penduduk Indonesia tidak mengonsumsi cukup buah-buahan dan sayuran dengan rerata konsumsi sayur penduduk 70,0 gram/orang/hari dan konsumsi buah 38,8 gram/ orang/hari. Sedangkan, World Health Organization (WHO) merekomendasikan 400 gram buah dan sayur per hari dan American Heart Association merekomendasikan 50 persen porsi makan atau 4,5 mangkuk dari berbagai jenis buah dan sayur per hari. Selain itu, Kementerian Kesehatan melaIui Pedoman Gizi Seimbang merekomendasikan konsumsi 3-5 porsl sayur dan 2-3 porsi buah per hari.

Berangkat dari permasalahan tersebut, SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur berkomitmen tidak hanya menyediakan susu pertumbuhan dengan Buah dan Sayur, tetapi juga Iayanan terbaik untuk konsumen dan masyarakat Indonesia untuk menyukai makanan sehat buah dan sayur, salah satunya dengan mendukung program nasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)V dan Gemar Makan Sayur (GEMAYUR) dari pemerintah, melaIui rangkaian kegiatan SGM Eksplor Buah dan Sayur di 20 PAUD Healthy Eating Habit (HEH) wilayah Jakarta, Tangerang dan Jawa Barat. ''Program HEH telah berjalan sejak Maret hingga September 2017 di 20 PAUD di daerah Jakarta, Tangerang dan Jawa Barat yang terbagi dalam 2 gelombang. Program ini telah mendapatkan respon yang positif dari anak-anak PAUD, orangtua dan guru PAUD yang mengikuti program,” ujar Marketing Manager SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur, Monica Ang di Jakarta, Selasa (19/12).

Dia berharap, melalui program PAUD HEH itu ibu-ibu di Indonesia dapat lebih menyadari pentingnya pemenuhan gizi seimbang bagi anak-anak melaIui edukasi tentang gizi dan pola makan sehat, termasuk di dalamnya konsumsi buah dan sayur serta dapat terus menerapkan kebiasaan makan sehat di rumah.

Konsultan Gastrohepatologi Anak, dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K), mengatakan, konsumsi sayur dan buah yang belum memadal dapat berpengaruh terhadap suplai vitamin, mineral serta serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. ''Buah-buahan dan sayuran memberi kontribusi dalam membentuk pola konsumsi pangan melalui kandungannya yang kaya akan vitamin, mineral, serat, enzim pencernaan, dan air yang diperlukan oleh tubuh manusia,'' tandasnya. (dew)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Tren Diet Keto di Kalangan Millenial

Kesehatan

Lawan Stigma dengan Lari Marathon

Lifestyle

Sunglasses Tangkal Katarak Dini

Kesehatan

Seksi Sixpack Tanpa Sit Up

Kesehatan

Ketua MUI : Vaksin MR Wajib

Nasional

IKLAN