Indonesia Ikut Zurkhaneh, Apa Itu?

INDOPOS.CO.ID- Zurkhaneh barangkali masih asing di telinga sebagian besar orang Indonesia. Ini diakui oleh Ketua Umum PB Perkumpulan Olahraga Zurkhaneh Indonesia (POZI) Jonni Mardizal. Dijelaskan, zurkhaneh yang merupakan olahraga tradisional dari Iran belum begitu dikenal di Indonesia. ‘’Sebenarnya pada 2006, olahraga Ini pernah diperkenalkan oleh Tim Zurkhaneh International yang pada saat itu mengadakan tur ke Indonesia, namun tidak begitu berkembang,’’ ujarnya dalam surat elektroniknya, Kamis (21/12). Oleh karena itu, dia berharap, olahraga Ini dapat digalakkan di masyarakat sehingga lebih banyak yang mengenal serta ikut melaksanakan.

Saat ini, tim Indonesia yang dipimpin mengikuti Kejuaraan Asia Zurkhaneh International di Tanauan City, Filipina. Indonesia memberangkatkan 5 atlet. Andika, Burhan, kholil, Andriansya, dan Bramidi. Mereka turun di kelas 70 dan 90 kg serta beregu seni. Tim Ini juga didampingi pelatih dan ofisial yakni Efrans, Anwar, dan Andi. ’’Kami mengharapkan dukungan dan doa agar Indonesia dapat memeroleh peringkat terbaik dalam kejuaraan Ini,’’ pintanya.

Kejuaraan yang berlangsung 19 sampai 24 Desember ini diikuti oleh negara di kawasan Asia. Antara lain Iran, Irak, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Nepal, Malaysia, Singapura, India, Indonesia, Thailand, dan Filipina, berlangsung dari tanggal 2017. Sebelumnya berangkat, tepatnya pada 14 hingga 19 Desember, tim Indonesia ditempa dalam pemusatan latihan di Gymnastium Stadium Batangas, Filipina. (mim/jpnn)

Komentar telah ditutup.