Minggu, 18 November 2018 09:42 WIB
pmk

Kesehatan

Sakit Kepala Akibat Stres? Ini Cara Mengatasinya

Redaktur: Redjo Prahananda

dr. Dewi Sotya Wardhani

INDOPOS.CO.ID - Kita mungkin pernah mengalami, ketika stres bagian kepala langsung berdenyut dan terasa sakit. Hal itu memang lumrah terjadi. Karena saat manusia sedang banyak fikiran, hormon kortisol yang ada di dalam tubuh berproduksi lebih banyak dari biasanya. Lantas apa itu hormon kortisol?
 
Pakar Stem Cell dr. Dewi Sotya Wardhani mengatakan bahwa hormon kortisol merupakan sebuah hormon yang dapat memantik hormon lainnya untuk berproduksi lebih banyak. Seperti hormon adrenalin yang menyebabkan detak jantung jadi lebih cepat dan berdebar.
 
Hal itu kemudian membuat pembuluh darah mengecil sehingga terjadilah hipertensi."Mengapa orang stres cenderung pusing dan sakit kepala? karena apa, adrenalin nya berproduksi berlebihan," jelas dokter yang pernah mengenyam pendidikan di Jerman itu.
 
"Hormon kortisol bisa dilawan dengan hormon bahagia namanya hormon endorfin. Bagaimana caranya agar tubuh bisa memproduksi hormon (endorfin), bisa dengan berolahraga, positive thinking, terkena paparan matahari pagi," sambung dr. Dewi menjelaskan.
 
Akan tetapi dari beberapa cara diatas yang paling ampuh adalah dengan berolahraga di pagi hari. "Ya kalau weekend bisa juga berlibur. Kalau ga sempat berlibur jauh-jauh, bisa mengajak keluarga ke taman. Memeluk anak itu bisa meningkatkan hormon endorfin loh," tutupnya. (nda)

TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan #dr-dewi-sotya-wardhani #sakit-kepala #stres 

Berita Terkait

Jangan Biarkan Kanker Meredupkan Mimpi

Jakarta Raya

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

IKLAN