Lifestyle

Bukan Cuma Gula, Kebiasaan ini Picu Diabetes

Redaktur: Redjo Prahananda
Bukan Cuma Gula, Kebiasaan ini Picu Diabetes - Lifestyle

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Angka penderita diabetes di Indonesia terus meningkat. Banyak penderita diabetesmengalami komplikasi penyakit akibat kadar gula yang tidak terkontrol.

Seperti jantung, lever, kanker sampai kehilangan kejantanan bagi pria dewasa. Fenomena ini tentu cukup mencemaskan, mengingat penyakit degeneratif itu bisa menyerang semua kalangan termasuk anak muda.

Pakar Stem Cell dr Dewi Sotya Wardhani menyebut ada banyak kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes.

“Banyak orang tidak mengetahui, kalau diabetes bukan hanya karena gula saja, atau turunan dari orang tua saja, tetapi banyak faktor ybisa menyebabkan seseorang terkena diabet,"ujar Dewi kepada Indopos, Rabu (27/12).

Aspek paling utama sekali, dia melanjukan, persoalan gaya hidup, seperti tingkat stres karena pekerjaan, tidak mau olahraga, kurang paparan matahari, merokok serta jenis makanan yang di konsumsi

“Faktor keturunan itu hanya 5 sampai 10 persen. Selebihnya itu karena gaya hidup loh! Banyak kasus diabet terjadi pada anak muda. Itu karena gaya hidup yang tidak sehat "tegasnya.

Lebih di menjelaskan, stres yang dialami dapat meningkatkan produktifitas hormon kortisol di mana hormon tersebut bekerja meningkatkan gula darah melalui mekanisme glukoneogenesis menekan kerja sistem imun.

Sedangkan untuk melawannya, tubuh membutuhkan hormon endorfin cuma berproduksi ketika melakukan aktifitas olahraga dan terkena paparan matahari pagi.

"Apalagi kalau merokok. Karena merokok itu merubah fungsi sel . Yang bisa berjalan baik, kemudian rusak, jadi tidak ada detoksifikasi dalam tubuh,"dia menambahkan.

Dewi berpendapat perlu kesadaran serta kemauan kuat untuk mengubah pola hidup agar terhindar dari penyakit diabetes.(nda)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Lifestyle / Roti Ini Aman Bagi Penderita Diabetes

Lifestyle / Pasien Diabetes Tetap Bisa Menjalankan Ibadah Puasa

Lifestyle / Sembuhkan Diabetes dengan Bedah Bariatik

Kesehatan / Kacang Bagus untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Kesehatan / Berat Badan Kurang, Waspadai Diabetes


Baca Juga !.