Nusantara

Kesaksian Korban Kapal Anugrah Express: Ada Benturan Keras dari Depan

Redaktur:
Kesaksian Korban Kapal Anugrah Express: Ada Benturan Keras dari Depan - Nusantara

Speedboat Anugrah Express yang terbalik di Sungai Kayan ditepikan di sekitar turap Jalan Sabanar Tanjung Selor, kemarin (1/1). Foto: Berau Post

INDOPOS.CO.ID - Dalam hitungan detik, speedboat Anugrah Express miring ke kanan, lalu terbalik. Marsono, penumpang, bersama 39 orang lain berhasil menyelamatkan diri. Namun, delapan orang lain ditemukan tewas. Sementara itu, tiga lainnya belum ditemukan.

Momen tahun baru yang seharusnya menggembirakan menjadi saat yang menyedihkan bagi korban kecelakaan Anugrah Express. Perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara, menuju Tarakan melalui Sungai Sesayap berakhir pilu.

"Saya mendengar benturan keras dari depan. Mungkin kapal menabrak kayu," kata Marsono, penumpang yang menuju Tarakan untuk selanjutnya terbang ke Surabaya, kepada Bulungan Post (Jawa Pos Group). "Setelah itu, suasana dalam kapal sangat panik," lanjutnya.

Novi, saksi mata, menyatakan bahwa kejadian tersebut berlangsung sangat cepat. Ketika insiden itu terjadi, dia duduk di teras lantai 2 rumahnya. "Tiba-tiba oleng ke kanan, lalu (speedboat, Red) terbalik," ucapnya.

Kapolres Bulungan AKBP Muhammad Fachry menjelaskan, kecelakaan tersebut terjadi karena kapal menabrak kayu. "Itu hasil keterangan sementara dari motorisnya (Amir, Red)," ujarnya.

Dia menyebutkan, masih ada tiga penumpang yang dinyatakan hilang dan dicari di sekitar lokasi kejadian. Data di manifes pun masih dicocokkan. "Ada dua penumpang yang masih kami cocokkan, karena penumpang anak-anak kadang tidak terdata," imbuhnya.

Terbaliknya Anugrah Express menjadi catatan buruk keselamatan lalu lintas selama periode Natal dan tahun baru kali ini. Padahal, sepanjang momen liburan panjang tersebut, sama sekali tidak ada kejadian menonjol selain tragedi di Pelabuhan Tanjung Selor itu.

Berdasar data Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Anugrah Express mengangkut 48 penumpang. Sebanyak lima penumpang di antaranya anak-anak. Sedangkan awak kapal tiga orang.

Kapal dengan warna putih kombinasi biru itu melayani rute Tanjung Selor-Tarakan pergi-pulang. Dari dermaga Tanjung Selor, kapal tersebut berangkat pagi, sekitar pukul 08.00 Wita.

Saat kejadian, kapal cepat itu dikemudikan Amir. Seperti biasa, kapal bertolak pada pukul 08.00 Wita. Belum jauh melaju, baru sekitar 200 meter dari dermaga, Anugrah Express menabrak kayu. Kapal dengan bobot 6 GT itu tak lama kemudian terbalik.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Jhonny R. Silalahi menyebutkan, saat ini tim penyelamat gabungan melakukan evakuasi. Tim itu terdiri atas petugas KPLP Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Tanjung Selor, Basarnas, dan Polair. "Penumpang yang selamat langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan," kata Jhonny. (jpg)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Internasional / Wah, Siswa Sesak Nafas dan Muntah, 400 Sekolah di Malaysia Ditutup

Banten Raya / Warga Blokir Jalan Perimeter Utara Bandara Soekarno-Hatta

Banten Raya / Oknum ASN Digerebek, Wali Kota Cilegon Murka

Banten Raya / Kepala SMAN 3 Kota Serang Bantah Tahan Ijazah Siswa

Daerah / Pemain Arung Jeram Tewas Tertimpa Longsor

Megapolitan / Gudang Petasan di Pasar Pagi Asemka Dilahap Api


Baca Juga !.