Rabu, 19 September 2018 12:45 WIB
pmk

Liga Inggris

Jamu Watford, City Minus KDB dan Silva

Redaktur:

Duo Manchester City, Kevin De Bruyne dan David Silva.

INDOPOS.CO.ID - Kevin De Bruyne dan David Silva adalah episenter atau intisari permainan Manchester City. Jamie Carragher, pundit Sky Sports bahkan menyamakan De Bruyne dan Silva tidak ubahnya Xavi dan Andres Iniesta ketika Pep Guardiola menangani Barcelona. Nah,  apa jadinya apabila tak ada De Bruyne dan Silva bersamaan dalam satu laga?

Realitas itulah yang harus dihadapi The Citizens saat menjamu Watford dalam pertandingan Premier  League pertamanya tahun ini di Etihad, Manchester dini hari nanti WIB (siaran langsung beIN Sports 1 pukul 03.00 WIB). De Bruyne absen untuk kali pertama dalam Premier League musim ini. Ia harus menepi karena cedera lutut saat ditahan Crystal Palace 1-1, Minggu WIB (31/12).

''Kalau Silva, saya tak tahu kapan ia kembali. Kapan pun ia siap, ia akan come back,'' sebut Guardiola, dikutip Goal. Silva sudah “menghilang” dari skuad City sejak boxing day. Ia punya alas an personal. istrinya Melanie baru saja mengalami keguguran. Silva terpaksa absen di laga kontra Tottenham Hotspur pada (17/12), meski kemudian main 90 menit lawan Bournemouth (23/12).

Di di pentas Premier League, Silva sudah tiga kali absen dari komposisi Guardiola. Berbeda dari KDB, inisial nama De Bruyne. Ia baru dini hari nanti WIB absen. Dan, jika Silva tidak kembali dini hari nanti WIB maka ini kali pertama Fernandinho dkk main tanpa dua jenderal permainan sekaligus.

Karena itu,  tak ada salahnya jika menyebut musim Guardiola dalam Premier League kali ini baru dimulai dini hari nanti. Karena, ini tantangan Guardiola untuk mencari komposisi yang pas sebagai kreator permainan dari lapangan tengahnya. Tanpa Silva, City selalu susah membongkar pertahanan lawan.

El Mago Silva adalah tipikal pemain penjelajah. Meski posisi aslinya di sisi kiri tapi ia mampu membongkar pertahanan lawan dari dua sisi sekaligus secara bergantian dan tanpa disangka-sangka. Ketika keduanya main bareng, passing-passing pendek Silva dikombinasikan dengan crossing-crossing manis dan tembakan jarak jauh dari De Bruyne jadi awal serangan City.

Catat lagi, selain Leroy Sane, Silva dan De Bruyne merupakan tiga penyuplai assist terbanyak. De Bruyne memang yang terbanyak dengan sembilan assist. Sementara Silva dan Sane di angka delapan. Hanya Kyle Walker, Raheem Sterling,  dan Sergio Aguero yang assist-nya mendekati ketiga pemain tersebut.

Meski, jumlahnya tidak lebih dari separo Silva dan Sane, mereka hanya mengirim empat assist di Premier League. ''Kami sudah mempunyai standar permainan sendiri. Kami pun tidak ingin standar itu turun. Siapa pun yang akan bermain, standar itu akan selalu terjaga,'' klaim Walker, bek kanan City, dikutip situs resmi klub.

Walker, seperti dalam analisis pertandingan Michael Cox dalam situs Zonal Marking, jadi pemain yang kerap berkolaborasi dengan De Bruyne dalam membuka ruang. Pemain yang juga bek Inggris termahal itu meminta rekan-rekannya supaya move on usai rekor streak menangnya terhenti laga ke-18 laga, Minggu kemarin WIB.

''Kehilangan poin penuh bisa jadi cara yang bagus agar kami tetap membumi. Setelah  itu kami bisa kembali termotivasi,'' lanjut mantan bek Tottenham Hotspur itu. Sebenarnya, pada musim ini City pernah bermain tanpa De Bruyne dan Silva. Akan tetapi, itu hanya berlaku di dua di Piala Liga.

Yaitu, pada laga melawan West Brom (21/9) dan Leicester City (20/12). Salam laga itu Guardiola pernah menjajal Bernardo Silva dan Phil Foden di posisi De Bruyne. Untuk posisi Silva, ia menempatkan Ilkay Guendogan atau Yaya Toure. Padahal mereka bukan penyuplai assist City. (ren)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-inggris 

Berita Terkait

Prediksi Tottenham vs Liverpool, Si Merah Tak Boleh Panik

Liga Inggris

Tottenham Hotspur vs Liverpool, Tim Tamu Pede

Liga Inggris

Liverpool vs Brighton, Sinyal The Reds Beri Bukti ke City

Liga Inggris

Bisa-Bisa Cech Balik Kucing ke The Blues

Liga Inggris

Pochettino Arsiteki Tottenham Hingga 2023

Liga Inggris

IKLAN