Minggu, 25 Februari 2018 06:26 WIB
Citra indah

Kuliner

Reaktiv Coffee, Cara Lain Menikmati Kopi

Redaktur:

NIKMAT: Salah satu sensasi menyajikan kopi. NET

INDOPOS.CO.ID - Minum kopi sudah menjadi bagian dari life style masyarakat di Bali. Biasanya kopi dihidangkan dalam keadaan panas, namun ada juga jenis kopi seperti latte yang dihidangkan dalam keadaan dingin.

Bila kopi dihidangkan dalam keadaan dingin dan diproses  dengan metode dingin seperti Coldbrew,  tentu sensasi yang dihasilkan dari jenis minuman ini akan berbeda. Untuk menikmati jenis kopi ini, pecinta kopi tidak perlu bingung, karena di Kota Denpasar ada satu kedai kopi khusus menyajikan menu kopi dalam keadaan dingin atau cold brew. Salah satunya adalah Reaktiv Coffee yang berlokasi di Jalan Danau Toba No 6 Sanur.

Di tempat ini, kopi yang disajikan memang tidak sama dengan jenis kopi yang disajikan oleh kedai kopi yang ada di tempat lain, karena memang spesialis menyajikan kopi dalam keadaan dingin.

Owner Reaktiv Coffee, Aaron Brata Aditama mengatakan , kedai kopi miliknya memang sengaja menyajika jenis kopi seduh dingin. “ Saat ini kedai kopi yang ada masih sangat jarang menyajikan jenis kopi dalam keadaan dingin dan mengkhususkan untuk menyajikan jenis kopi dingin,” jelasnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group), Selasa (26/12).

Jenis kopi yang disajikan di Reaktiv Coffee ada dua jenis, yakni Coldbrew dan Nitro Coffee. Coldbrew ini adalah jenis kopi yang dihidangkan dalam kondisi dingin. Dingin dalam hal ini, lanjut  Aaron, memang benar-benar dingin, baik dari proses pembuatannya hingga cara menghidangkannya. Lantas, apa itu kopi yang dibuat dengan metode seduh dingin? Dijelaskan Aaron, Coldbrew adalah kopi yang dibuat dengan memakai metode perendaman selama minimal 8 jam. Untuk menyeduhnyai digunakan air biasa dengan suhu ruangan atau air dingin. “Yang membedakan jenis kopi ini tidak pernah terkena paparan suhu panas, sehingga tidak ikut mengekstrasi karakter asam pada kopi,” terangnya.

Kopi dengan metode Coldbrew ini memiliki keasaman yang rendah, sehingga banyak orang menyatakan bahwa kopi ini memiliki rasa yang cenderung lebih manis bila dibandingkan dengan kopi-kopi pada umumnya.  Dengan keasaman yang rendah ini, umur simpan dari kopi Coldbrew jauh lebih lama (satu bulan) apabila dibandingkan kopi pada umumnya.

Coldbrew ini berbeda dengan kopi yang disajikan dengan es (iced coffee). Pada kopi Coldbrew ini sama sekali tidak digunakan air panas dan tidak dilakukan pemanasan terhadap isi kopi. “Sementara iced coffee adalah kopi yang sebelumnya diseduh dengan proses pemanasan dan kemudian mengalami penurunan suhu,” tambahnya.

Selain Coldbrew, jenis kopi lainnya yang dihidangkan di Reaktiv Coffee ini adalah Nitro Coffee. Nitro Coffee adalah variasi lain dari Coldbrew. Dilihat dari segi bentuknya, Nitro Coffee memiliki ben sedikit mirip dengan bir karena gelembung-gelembung busa yang menempel di atas permukaannya. Hal ini dikatakan Aaron disebabkan karena kopinya  diinfus dengan Nitrogen yang dilakukan, setelah kopi melalui proses seduh dingin. Karena melalui proses infus Nitrogen, maka rasa dari kopi ini juga akan sedikit mengalami perubahan. “Nitro Coffee ini memiliki tekstur seperti bir dinggin dengan sensasi rasa manis dan creamy. Hal ini karena ada proses infus Nitrogen,” paparnya.

Dikatakan Aaron, untuk proses infusi Nitrogen ini berbeda-beda, karena setiap kedai kopi memiliki cirri khas tertentu. Namun, infusi bisa dilakukan mulai dari hitungan jam, hingga ada juga yang melakukan proses infusi secara perlahan-lahan hingga memakan waktu lima hari sampai seminggu. (bx/gek/rin/yes/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #Kuliner 

Berita Terkait

Nikmati Makanan Dengan Suasana Geladak Kapal

Kuliner

Santap Yu Sheng Disini Yuk

Kuliner

30 Dim Sum Temani Imlek

Kuliner

Menikmati Kuliner Eropa Sambil Main Musik

Kuliner

IKLAN