Minggu, 23 September 2018 05:33 WIB
pmk

Nasional

Mau Tahu Aplikasi yang Bisa Jamin Tak Tertipu? Ini Dia

Redaktur:

Menag Lukman Hakim Saifuddin. Foto: Nasuha/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Sejak beberapa bulan lalu, Kementerian Agama (Kemenag) telah berbenah dan memperketat mekanisme pelayanan penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) atau biro travel perjalanan umrah. Ini disampaikan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menjawab kasus penipuan Hannien Tour.

Lukman mengaku tengah membangun regulasi untuk layanan haji dan umrah berbasis elektronik. Layanan tersebut diklaim bisa menekan kasus-kasus penipuan berkedok umrah.

“Kami sedang siapkan aplikasi dan hampir selesai. Aplikasi berbasis elektronik ini bernama sistim informasi pengawasan terpadu umrah dan haji (Sipatuh),” beber usai mengikuti upacara Hari Bakti Amal di kantornya, Rabu (3/1).

Melalui aplikasi ini, menurut Lukman, setiap penyelenggaraan ibadah haji dan umrah oleh PPIU akan dapat termonitor secara online. Dari jumlah jamaah yang diberangkatkan, yang dipulangkan, layanan hotel hingga maskapainya.

“Kami ingin masyarakat bisa secara langsung mengawasi dan tidak ada lagi jamaah yang ditelantarkan,” tegas Lukman. (nas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #menag-lukman-hakim-saifuddin 

Berita Terkait

IKLAN