Kamis, 20 September 2018 11:42 WIB
pmk

Liga Inggris

Jamu Burnley, City di Bawah Kendali Toure

Redaktur:

Yaya Toure.

INDOPOS.CO.ID - Yaya Toure, Vincent Kompany, dan David Silva betapa tahu sulitnya mengangkat trofi juara Piala FA. Karena itu, setelah generasi mereka pada musim 2010-2011 berhasil memberi trofi pertama bagi Manchester City pada era Syech Mansour bin Zayed Al Nahyan, tak ada lagi yang bisa melakukannya.

Kedatangan Pep Guardiola di belakang kemudi The Citizens pun cuma mampu memberi status semifinalis kompetisi tertua di dunia itu, musim lalu. Nah, akankah The Three Musketeer – trio Toure, Kompany, dan Silva – mengakhirinya musim ini? Di Etihad, Manchester, dini hari nanti WIB semuanya dimulai.

City memulainya dengan menghadapi Burnley pada babak ketiga di Piala FA 2017-2018 ini. ''Kami sudah tertantang untuk membanggakan fans kami pada tahun ini,'' kata Toure, dalam kicauannya di akun Twitter-nya, @YayaToure. Laga ini akan jadi laga ke-21 Toure selama main untuk City di Piala FA.

Laga ini pun juga jadi kali pertama sejak babak ketiga Piala FA 2015-2016 Toure bemain di Etihad. Musim lalu, mantan gelandang timnas Pantai Gading tersebut lebih sering dimainkan pada laga-laga di luar kandang selama Piala FA, termasuk satu assist-nya ke Sergio Aguero saat disingkirkan Arsenal di Wembley, London, musim lalu.

Di antara tiga pemain senior City itu Toure cuma kalah dari Silva jumlah penampilannya di Piala FA. Silva sudah 22 kali tampil di Piala FA, sedangkan Kompany baru 19 kali berlaga di turnamen tersebut. Hanya, dini hari nanti WIB, Grandpa Toure memimpin sendirian. Itu setelah Silva dan Kompany yang absen.

Silva belum juga kembali ke Etihad Campus setelah meminta izin untuk menemani sang istri Melanie setelah kelahiran prematur anaknya. Sementara itu, keinginan Kompany comeback terhalang cedera betisnya yang belum juga sembuh. ''2018 harus menjadi milik kami,'' tambah pemain yang kontraknya berakhir musim panas ini.

Terlepas dari spirit pemain senior itu, City memiliki tren bagus saat menghadapi sesama klub dari Premier League. Dari 11 laga terakhirnya melawan klub Premier League, delapan kali di antaranya jadi milik City. Fakta lainnya, City tak pernah gagal melangkah ke babak keempat Piala FA dalam lima musim terakhir.

Kebetulan, minus Kompany, Burnley sudah pernah dihadapi Silva dan Toure saat dapat memenangi pekan kesembilan Premier League di Etihad dengan tiga gol tanpa balas. Toure ada di posisi gelandang bertahan, tugas double pivot yang biasanya jadi milik Fernandinho. Dikutip situs resmi klub, Fernandinho juga menyebut semua penggawa City ada di belakang tiga senior itu.

''Kami tunggu apa yang akan Pep lakukan untuk itu. Setiap pemain sudah siap begitu dia diminta untuk bermain. Sebab kami di sini, kami profesional dan kami tak suka diistirahatkan,'' tutur gelandang berusia 32 tahun tersebut. Fernandinho baru bermain tujuh kali di Piala FA per empat musim lalu ketika bergabung di City.

Piala FA bisa menjadi salah satu ganjalan bagi musim kedua Guardiola untuk hat-trick di gelar domestik musim ini. Setelah satu tangan memegang trofi juara Premier League, City juga sudah lolos ke semifinal Piala Liga. Leg pertama akan mereka jalani pada 9 Januari mendatang di Etihad. ''Kami akan lanjutkan sepak bola hebat kami itu seperti bulan Desember indah kami,''  tambah Fernandinho. (ren)


TOPIK BERITA TERKAIT: #piala-fa 

Berita Terkait

MU Lolos ke Perempatfinal Piala FA

Liga Inggris

Sua Huddersfield, MU Bidik Dejavu

Total Football

Jamu WBA jadi Laga Perpisahan Sturridge

Total Football

Tersingkir dari Piala FA, Arsenal Mengulang Rekor Buruk

Liga Inggris

IKLAN