Minggu, 25 Februari 2018 06:21 WIB
Citra indah

Kuliner

Gooloong, Evolusi Martabak Zaman Now

Redaktur:

Foto: Iwan Tri Wahyudi/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID - Semua pasti sudah familiar dengan martabak. Salah satu kudapan paling populer di Indonesia. Ada dua jenis martabak yang sering kita temui, yaitu martabak telur yang terbuat dari campuran telur dan daging serta martabak manis atau kue terang bulan yang biasanya diisi cokelat.

Panganan yang nikmat dicicipi santai sore ini mudah ditemui. Bahkan banyak dijual pedagang kaki lima. Seiring waktu, martabak naik kelas dan muncullah gerai kue khusus martabak.

Salah satunya yang baru adalah gerai Martabak Gooloong di Jalan H Mencong (Jalan Dr Cipto Mangunkusumo) No.85, Sudimara Timur, Ciledug, Tangerang. Di gerai milik Fachri Yulizar ini martabak berevolusi. Ada empat jenis menu martabak dengan total 20 varian.

Varian yang paling istimewa adalah Martabak Telor Daging Sapi Mozarella. Kala melihat proses pembuatannya saja, bisa bikin 'melting' lho! ”Martabak Telor Daging Sapi Mozarrella ini istimewa karena keju mozarella-nya," ungkap Fachri Yulizar, owner Martabak Gooloong kepada INDOPOS.CO.ID, Kamis (4/1).

Fachri pun menunjukkan proses pembuatannya. Pertama yang dibuat adalah isinya berupa campuran bawang bombay, daun bawang, daging sapi serta telur. Berbeda dengan martabak telur pada umumnya yang isinya langsung dikocok dengan telur, di gerai Martabak Gooloong, isian martabak ditumis terpisah hingga setengah matang. Lalu secara terpisah, kulit martabak digoreng setengah matang. Diangkat dari penggorengan dan diberi isi.

”Kulitnya sengaja digoreng setengah matang lebih dulu supaya nanti mudah digulung. Kalau langsung digulung kan (kulit martabak) gampang robek," jelas Fachri.

Yah, keistimewaan lain Martabak Gooloong yakni semua martabak digulung seperti roti gulung. Khusus martabak telur digoreng dalam bentuk gulungan panjang. Setelah matang barulah dipotong-potong.  Selanjutnya Martabak Telor Daging Sapi Mozarella ditaburi keju mozarella di atasnya. Nah, supaya melting (meleleh), kejunya dibakar bagian permukaannya. Melihat keju yang meleleh membuat air liur pun meleleh ingin secera mencicipinya.

Tak hanya martabak telur, marbatak manis bisa membuat ngiler juga lho! Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai yang biasa dimakan di saat santai sebagai makanan ringan. Martabak manis ini merupakan makanan khas Bangka Belitung yang diciptakan warga keturunan Tionghoa.

Di gerai Martabak Gooloong, kamu bisa menemukan berbagai rasa martabak manis yang sesuai dengan seleramu. Tak lagi hanya dengan taburan cokelat, kacang dan keju. Kamu bisa menikmati martabak manis dengan rasa-rasa unik seperti Martabak Red Velvet Cream Cheese Oreo dan Martabak Pandan Jasuke. "Jasuke ini singkatan dari jagung, susu, keju," ungkap Fachri sembari tersenyum.

Martabak Pandan Jasuke cara masaknya seperti pembuatan martabak manis pada umumnya. Hanya saja, martabak buatan Martabak Gooloong dibuat dengan bahan-bahan premium dengan olesan mentega wisman untuk menciptakan rasa yang khas. Martabak yang sudah matang lalu ditaburi jagung, keju, dan lelehan susu. Martabak yang sudah penuh dengan topping digulung dan dipotong-potong. Satu porsi terdiri dari delapan potong.

"Di sini, semua martabak kita gulung lalu dipotong-potong sebelum dinikmati," kata mantan karyawan bank ini.

Parutan keju yang tebal, jagung yang segar, dan susu yang creamy membuat lidah bergoyang saat menikmati Martabak Pandan Jasuke ini. Begitu pun dengan Martabak Red Velvet dengan isi Cream Cheese Oreo. Sepotong tak cukup untuk dinikmati. Jadi kalau ramai-ramai, sebaiknya memesan beberapa porsi.

Sediakan 20 Varian Martabak 

Martabak Gooloong ingin memuaskan pelanggannya dengan menyediakan berbagai macam cita rasa keju. Ada empat jenis menu dengan 20 varian yang tersedia di gerai martabaknya. Empat jenis menu tersebut yakni martabak original, martabak campur, martabak special, dan martabak telur.

Martabak manis original ada rasa cokelat, keju, kacang, wijen. Martabak campur terdiri dari delapan item. Antara lain rasa cokelat-keju, cokelat-kacang, cokelat-wijen, dan kacang-wijen. Berikutnya, martabak spesial dengan rasa ovomaltine, pandan jasuke, red velvet, dan durian.

Sementara martabak telur ada daging sapi, daging ayam, daging sapi plus mozarella, dan daging ayam plus mozzarella. Kelezatan citarasa martabak tersebut dapat dinikmati dengan kisaran harga bervariasi mulai dari Rp 33 ribu - Rp 65 ribu.

"kita menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk menyajikan rasa martabak yang istimewa, tapi harga tetap kaki lima," kata Fachri Yulizar.

Panjang dan Tahan Lama

Sebelum membuka gerai Martabak Gooloong, Fachri Yulizar seorang pegawai bank swasta dengan jabatan cukup penting. Namun ia memutuskan berhenti untuk mengembangkan ide-ide kreatifnya. Ia punya mimpi memiliki usaha sendiri. Bersama teman-temannya, ia membuka gerai martabak biasa.

"Awalnya sama teman-teman, tetapi kemudian saya ingin mandiri," ungkap Fachri ditemui di gerai Martabak Gooloong.

Ingin menciptakan sesuatu yang berbeda dari nama dan tampilan, Fachri membuka gerai Martabak Gooloong.Selain isiannya yang dibuat unik dan beragam, bentuk penyajiannya pun dikreasikan menjadi bentuk gulungan panjang. Martabak gulung yang belum begitu banyak dijumpai."Ide nama ini muncul usai salat Tahajjud. Filosofi Gooloong itukan bisa berarti martabak yang panjang, bisa juga berarti bertahan lama. Dari kata go long," katanya. (uma)


TOPIK BERITA TERKAIT: #Kuliner #indoposmakanmakan 

Berita Terkait

Nikmati Makanan Dengan Suasana Geladak Kapal

Kuliner

Santap Yu Sheng Disini Yuk

Kuliner

30 Dim Sum Temani Imlek

Kuliner

IKLAN