Jakarta Raya

Pemohon Fiktif Paspor Online Tak Sekadar Iseng

Redaktur: Riznal Faisal
Pemohon Fiktif Paspor Online Tak Sekadar Iseng - Jakarta Raya

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno menunjukkan hasil penyelidikan timnya mengenai pemohon fiktif paspor online, Muhammad Rifani.

INDOPOS.CO.ID - Penemuan 72 ribu pemohon fiktif paspor online pada 2017 jadi sesuatu yang sangat mengganggu publik. Masyarakat pun dibuat kecewa gara-gara kouta antrean menjadi penuh.

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Agung Sampurno menjelaskan, pihaknya sudah sigap mengatasi permasalahan ini. "Tim sudah melakukan penyelidikan," ucapnya.

Terkait motif pemohon fiktif ini, kata Agung, ada indikasi kalau oknum yang mengganggu sistem ini tak hanya sekadar iseng.

"Ulah mereka ini sepertinya ada unsur kesengajaan. Karena gak hanya sekali, tapi berulang-ulang melakukannya. Indikasinya bisa saja beberapa kelompok yang merasa dirugikan secara ekonomi dan profesi lewat sistem ini, akhirnya dia menggangu," jelasnya.

Soal dugaan siapa yang terlibat, Agung menyebutkan, ada dua kemungkinan. "Kita memang menemukan ada ulah dari orang dalam juga, tapi motif dan seberapa besar dia terlibat masih diselidiki. Untuk orang luar juga sedang penyelidikan tim," katanya. (rvn)

 

Berita Terkait

Nasional / Gawat, Paspor Online Diretas


Baca Juga !.