Senin, 26 Februari 2018 02:29 WIB
Citra indah

Ekonomi

Sejumlah Startup Ancang-ancang IPO

Redaktur:

Head of IDX Incubator Irmawati Amran.

INDOPOS.CO.ID - Usaha rintisan (Startup) tidak sekadar berkembang pesat. Tahun ini, sejumlah perusahaan berbasis startup bakal mencatatkan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI).

Rencana itu bukan tanpa sebab. Kisah sukses usaha rintisan menjajakan saham di pasar modal bukan isapan jempol. Tahun lalu, setidaknya dua startup mengorbit di papan pencatatan bursa. Masing-masing PT M Cash Integra (MCAS) dan PT Kioson Komersial Indonesia (KIOS).

Selain itu, ada satu perusahaan berbasis koperasi juga sukses menjejakkan lini usaha di lintasan pasar modal Tanah Air. Adalah PT Asuransi Jiwa Syariah Mitra Abadi (JMAS) memecah kebuntuan tersebut. JMAS merupakan anak usaha Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa Pekalongan, Jawa Tengah.

”Tahun ini mudah-mudahan satu Startup bisa menggelar IPO. Dokumen dan segala keperluan untuk listing tengah dipersiapkan,” tutur Head of IDX Incubator, Irmawati Amran, di Jakarta, Selasa (9/1).

Paling tidak, laporan keuangan untuk melengkapi persyaratan go public itu, menyodorkan edisi pertengahan tahun ini. Dengan laporan keuangan itu, diharap nanti hajatan IPO tersebut tidak menghadapi hambatan berarti. ”Semoga berjalan sukses,” harap Irma sapaan akrab Irmawati Amran. (far)


TOPIK BERITA TERKAIT:

Berita Terkait

IKLAN