Minggu, 18 November 2018 03:24 WIB
pmk

Nasional

Mitra Puas Layanan LPDB-KUMKM

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Sepanjang tahun lalu LPDB-KUMKM menyalurkan dana bergulir Rp 793,9 miliar. Angka itu 79,40 persen dari proyeksi penyaluran Rp 1 triliun. Dana tersalur belum genap 100 persen sebagaimana yang ditargetkan.

Dana itu mengucur pada sejumlah lembaga. Rincian setelah komite menunggu memorandum komite pinjaman (MKP) sebesar Rp 12,76 miliar, MKP dan surat pemberitahuan persetujuan prinsip (SP3) terbit senilai Rp 48 miliar, mitra keberatan Rp 35,96 miliar, telah akad menunggu cair Rp 489,4 miliar dan telah dicairkan Rp 207,82 miliar.

Menyusul hasil itu, LPDB-KUMKM mencatat Indeks kepuasan mitra 73,4 persen. Meningkat 0,09 persen dari edisi sama 2016 di kisaran 73,3 persen.

Secara umum, aspek pelayanan terhadap mitra menunjukkan hasil positif, tetapi ada sejumlah masukan. Antara lain ,kecepatan waktu dalam hal kunjungan ke lapangan (on the spot dan penerbitan SP3).

Kepuasan mitra LPDB-KUMKM diukur melalui lima dimensi. Meliputi realibility (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (Jaminan), emphaty (empati), dan tangible (produk fisik atau tampilan).

“Hasil positif tahun lalu akan kami pertahankan. Sejumlah masukan yang kami terima akan dijadikan bahan untuk perbaikan selanjutnya,” tutur Direktur Utama LPDB-KUMKM Kemenkop UKM, Braman Setyo, di Jakarta, Rabu (10/1). (far)


TOPIK BERITA TERKAIT: #lpdb-kumkm #dana-bergulir 

Berita Terkait

IKLAN