Senin, 26 Februari 2018 02:24 WIB
Citra indah

Politik

Wakil Ketua DPR: Rakyat Jangan Dipaksa Pilih ”Orang Asing”

Redaktur: Sicilia

TEGAS: Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah (tengah) membeberkan pandangannya jika beberapa proses rekrutmen Partai Politik di Pilkada 2018 terkesan menyuruh paksa masyarakat memilih orang asing. Pandangan itu disampaikannya dalam acara Dialog Politik "Jawa Adalah Kunci" persembahan Volpox Center di Rumah Makan Bumbu Desa, Jakarta Pusat, Kamis (11/1).

INDOPOS.CO.ID - Hadir sebagai Keynote Speaker di acara Dialog Politik "Jawa Adalah Kunci" oleh Forum Dialetika Voxpol Center di Rumah Makan Bumbu Desa, Jakarta Pusat pada Kamis (11/1). Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menyayangkan proses dari beberapa kandidat kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada 2018.

Pasalnya menurutnya, sekarang banyak Partai Politik yang merekrut jagoannya melewati proses yang kurang berpihak kepada rakyat sebagai pemilih. "Harusnya Parpol mengenalkan calonnya jauh hari. Ini agar rakyat mengenal siapa calon yang akan didukungnya. Jeleknya kan sekarang beberapa terkesan hasil transaksi, bukan kaderisasi," ujarnya.

Bahkan ditambahkannya bahwa ada Parpol yang merekrut calonnya hanya dalam hitungan menit. Sebab menurut Fahri, ini bukan merekrut pegawai melainkan menyiapkan calon pemimpin di daerah.

"Rakyat jangan dipaksa memilih orang asing yang tidak begitu dikenalnya. Seharusnya mereka (rakyat, red) diberi hak untuk mengenal dan mengetahui calon. Soalnya kalau si calon terpilih, pengaruhnya itu sangat besar sekali terhadap rakyat," tegasnya.

Makanya dia berharap kepada Parpol agar bisa memperbaiki kondisi ini dan tak terjadi lagi ke depannya. "Saya kira ini ketidakdisiplinan partai untuk mempersiapkan calonnya dari awal, terlalu last minute," katanya.

Dialog politik "Jawa Adalah Kunci" ini sendiri dihadiri oleh beberapa politisi. Mereka terdiri dari ketua DPP PDIP, Andreas Hugo Pareira, ketua DPP Partai Demokrat, Roy Suryo, ketua DPP PAN, serta Yandri Susanto. Sedangkan narasumber lainnya menghadirkan Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI, Firman Noor, kemudian Anggota Komisi XI DPR RI, Johnny G Plate, serta Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi yang dalam kesempatan acara juga meluncurkan buku buatannya berjudul "Demokrasi Konsensus". (rvn)


TOPIK BERITA TERKAIT: #Pilkada 

Berita Terkait

IKLAN